Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16167
Title: Pengembangan Model Permainan Hulahoop Untuk Meningkatkan Ketekunan Dan Kemandirian Anak Usia Dini
Other Titles: Development of Hulahoop Game Model to Improve Perseverance and Independence in Early Childhood
Authors: Saragih, Trimi Juliana
metadata.dc.contributor.advisor: Surbakti, Amanah
Sitorus, Masganti
Keywords: permainan hula hoop;ketekunan;kemandirian;hula hoop game;persistence;independence
Issue Date: Aug-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;171804125
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan guru bermain hula hoop untuk meningkatkan ketekunan dan kemandirian anak usia dini dengan terlebih dahulu menguji draf dan efektifitas buku panduan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research dan development) model Borg dan Gall yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu pendahuluan, pengembangan, uji coba dan desiminasi.TK Citra Indonesia I memiliki 60 murid yang terdiri dari 45 anak kelompok B dan15 anak kelompok A. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Citra Indonesia I tahun pelajaran 2019/2020. Dari 45 anak kelompok B dipilih 4 orang anak dari kelas B.3 untuk uji coba buku panduan pada lapangan terbatas dan 8 orang anak untuk uji coba buku panduan pada uji lapangan lebih luas. Untuk menguji apakah terjadi peningkatan ketekunan pada siswa yang menggunakan buku panduan permainan hula hoop dengan siswa yang bermain hula hoop secara konvensional tanpa buku panduan dilakukan uji operasional dengan memilih 15 anak dari kelas B.1 untuk kelas eksperimen dan 15 anak dari kelas B.2 untuk kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi.eksperimen dan wawancara. Metode obsevasi menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dari indikator yang akan dicapai.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata ketekunan kelompok eksperimen pada permainan hula hoop level 1,2, dan 3 sebesar 64,53 dan nilai rata-rata ketekunan kelas kontrol sebesar 50,47 terjadi selesih sebesar 14,6. Sementara nilai rata-rata kemandirian kelompok eksperimen pada permainan hula hoop level 1,2, dan 3 sebesar 67,07 dan nilai rata-rata ketekunan kelas kontrol sebesar 53 terjadi selesih sebesar 14,07. This study aims to produce products in the form of teacher manuals playing hula hoop to improve the persistence and independence of early childhood by first testing the draft and effectiveness of the guidebook. The type of research used is research and development of Borg and Gall models that are carried out in four stages, namely introduction, development, trial and decimination. TK Citra Indonesia I has 60 students consisting of 45 children of group B and 15 children of group A. The study subjects were children of group B TK Citra Indonesia I in the 2019/2020 school year. Of the 45 children in group B, 4 children from grade B.3 were selected for the limited field guidebook trial and 8 children for the broader field trial. To test whether there was increased diligence in students who used hula hoop game manuals with students who played hula hoop conventionally without the manual performed operational tests by selecting 15 children from grade B.1 for the experimental class and 15 children from class B.2 for the control class. The data collection method used in this research is observation,experiment and interview Data collection instruments in the form of observation sheets from indicators to be achieved. The data analysis technique used qualitative and quantitative analysis.The results showed the average persistence of the experimental group in hula hoop level 1.2, and 3 of 64.53 and the average persistence score of the control class of 50.47 occurred as low as 14.6. While the average independence score of the experimental group on hula hoop level 1,2, and 3 was 67.07 and the average independence score of the control class was 53.
Description: 100 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16167
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
171804125 - Trimi Juliana Saragih - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
171804125 - Trimi Juliana Saragih - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.