Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16193
Title: Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 18 Medan
Other Titles: The Relationship Between Learning Independence and Student Motivation at SMA Negeri 18 Medan
Authors: Toruan, Elisabet Lumban
metadata.dc.contributor.advisor: Chandra, Andy
DR, Maqhfirah
Keywords: kemandirian belajar;motivasi belajar;independent learning;learning motivation
Issue Date: 29-Jun-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600128
Abstract: Penelitian bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 18 Medan. Motivasi belajar merupakan dorongan yang timbul untuk melakukan suatu tindakan sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Kemandirian belajar merupakan kegiatan belajar yang dilakukan secara mandiri dan memiliki sikap yang bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan pembelajarannya. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 150 yang kemudian melibatkan sebanyak 60 siswa sebagai sampel peneitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala kemandirian belajar dan skala motivasi belajar dengan cara member seperangkat pernyataan tertulis dan diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta normalitas. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik Korelasi Product Momen dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi belajar pada siswa, dimana rxy= 0,711 dan p (sig) = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar, maka semakin tinggi pula motivasi belajar pada siswa. Sebaliknya, semakin rendah kemandirian belajar, maka semakin rendah pula motivasi belajar pada siswa. Artinya hipotesis yang diajukan dapat dinyatakan diterima. Kemandirian belajar berkontribusi terhadap motivasi belajar yakni sebesar 50,6% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar. The study aims to correlation among learning independence and student motivation at SMA Negeri 18 Medan. Learning motivation is impulse that arises to action to achieve certain results or goals. Independent learning is learning activity that carried out independently and has a responsible attitude in carrying out learning activities. The population study was 150 which then involved 60 students as the research sample. The study uses quantitative method with measuring instrument for learning independence scale and learning motivation scale by giving a set of written statements and tested using validity and reliability tests as well as normality. The data analysis technique used is Pearson's Product Moment Correlation technique. Based the results of data analysis carried out, the results obtained that significant positive relationship between learning independence and learning motivation in students, where rxy = 0.711 and p (sig) = 0.000 <0.05. This shows that higher the learning independence, the higher the learning motivation of students. On the other hand, the lower the learning independence, the lower the students' learning motivation. This means that the proposed hypothesis can be declared accepted. Learning independence contributes to learning motivation by 50.6% and the rest is influenced by other factors that affect learning motivation.
Description: 95 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16193
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600128 - Elisabet Lumban Toruan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.96 MBAdobe PDFView/Open
168600128 - Elisabet Lumban Toruan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV411.36 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.