Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16339
Title: Analisis Efektivitas Pelayanan E-Ktp Melalui Aplikasi Sibisa ( Studi Kasus Kantor Kecamatan Medan Marelan )
Other Titles: Analysis of the Effectiveness of E-Ktp Services Through the Sibisa Application (Case Study of the Medan Marelan District Office)
Authors: Putria, Erini
metadata.dc.contributor.advisor: Jamil, Bahrum
Angelia, Nina
Keywords: Efektivitas;E-KTP;Aplikasi SIBISA;Effectiveness;E-KTP;SIBISA Application
Issue Date: Feb-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Aplikasi SIBISA merupakan sebuah sistem aplikasi pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara digital dengan menggunakan papaerless office ( PLO ) serta dapat mengintegrasikan beberapa sistem pelayanan yang telah terbangun untuk menjadi satu proses pelayanan yang bersinergi dan terpadu yang berlandaskan dasar hukum Undang-Undang No. 24 tahun 2013 terkait dengan perubahan dari undang-undang No. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, perpres No 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran dan pencatatan sipil serta peraturan pemerintah dalam Negeri RI No. 19 tahun 2018 tentang peningkatan pelayanan admnistrasi kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelayanan SIBISA serta hambatan dalam melaksanakan pelayanan di kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran secara jelas tentang permasalahan yang diteliti yaitu menggunakan teori Zeithaml tentang pelayanan publik dengan 5 lima indikator pelayanan yaitu berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meninjukkan bahwa Efektifitas pelayanan E-KTP melalui aplikasi SIBISA di kecamatan Medan Marelan sudah cukup efektif dibandingkan dengan pelayanan manual mulai dari jasa pelayanan yang diberikan, ketanggapan dari seorang pegawai terhadap masyarakat serta jaminan yang diberikan dari kecamatan terhadap masyarakat melalui pengurusan E-KTP tidak dapat dipalsukan. Terkait dengan pelayanan yang disediakan berbasis dengan aplikasi digital tanpa harus mengantri di kantor camat serta proses kerja hanya dalam waktu 10 Hari. Adapun faktor yang mempengaruhi efektifitas pelayanan SIBISA yaitu jaringan komputer, kemampuan/skill teknis petugas pemberi layanan belum mempuni dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. The SIBISA application is a population administration service application system and digital civil registration using a papaerless office (PLO) and can integrate several service systems that have been built into one synergistic and integrated service process based on the legal basis of Law No. 24 of 2013 related to the amendment of law No. 23 of 2006 concerning population administration and civil registration, Presidential Decree No. 96 of 2018 concerning the requirements and procedures for civil registration and registration as well as domestic government regulations No.19 of 2018 concerning increasing population administration services. This study aims to determine the effectiveness of SIBISA services as well as obstacles in implementing services in Medan Marelan sub-district. This study uses a descriptive qualitative method that provides a clear picture of the problem under study, namely using the Zeithaml theory of public services with 5 five service indicators, namely tangibility, reliability, responsiveness, assurance and empathy. Data collection techniques used through observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the effectiveness of the E-KTP service through the SIBISA application in the Medan Marelan sub-district is quite effective compared to manual services starting from the services provided, the responsiveness of an employee to the community and the guarantees provided by the sub-district to the community through managing E-KTP. cannot be faked. Regarding the services provided based on digital applications without having to queue at the sub-district office and the work process in only 10 days. The factors that affect the effectiveness of SIBISA services are computer networks, technical capabilities / skills of service providers that are not yet available and inadequate facilities and infrastructure.
Description: 59 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16339
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178520032 - Erini Putria-halaman Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV640.47 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178520032 - Erini Putria-halaman - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V Bibliography1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.