Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16491
Title: Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Afdeling 3 Sisumut
Other Titles: The Effect of Motivation and Perception on the Decision to Purchase Packaged Cooking Oil for Housewives in Afdeling 3 Sisumut Village
Authors: Pandiangan, Mica Kristiani
metadata.dc.contributor.advisor: Sabrina, Hesti
Keywords: motivasi persepsi;keputusan pembelian;keputusan pembelian
Issue Date: 5-Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320364
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan pada ibu rumah tangga di Desa AFD 3 Sisumut Kecamatan Kotapinang. Dengan menggunakan metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dimana variabel diukur dengan menggunakan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioer, wawancara serta studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di Desa AFD 3 Sisumut. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21 dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan pada ibu rumah tangga di Desa Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang. (2) variabel persepi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan pada ibu rumah tangga di Desa Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang. (3) variabel motivasi dan persepsi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan pada ibu rumah tangga di Desa Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang. This study is aimed at knowing the effects of motivation and consumer perception for the decision of purchases packaged cooking oil at the housewives in thw village of Afd 3 Sisumu, Kecamatan Kotapinang. The research method is quantitative research with an associative approach, where variables are measured using the Likert Scale. The method of data collection is done by interview, with a list of question (questionnaire), and study documentation. The population in this sudy are houseswives living in the village of Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang. Sampling uses Slovin formula so that a sample of 86 people. Data processing using SPSS software version 21, with data analysis techniques used validity and reliability, the classic assumption test (normality test, multisolonierity test, and heteroocrity test),linier regression test ( T test and F test), and coefficients of determinations. The result showed that: (1)variable motivation have a positive and significant impact for the decision of purchases packaged cooking oil at the housewives in thw village of Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang. (2) variable perception have a positive and significant impact for the decision of purchases packaged cooking oil at the housewives in thw village of Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang. (3)motivation and perception have a simultaneously affect impact for the decision of purchases packaged cooking oil at the housewives in thw village of Afd 3 Sisumut, Kecamatan Kotapinang.
Description: 96 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16491
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320364_Mica Kristiani Pandiangan_Fulltext.pdf
  Restricted Access
Cover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320364_Mica Kristiani Pandiangan_Chapter IV.pdfChapter IV463.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.