Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16493
Title: Pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Memilih Jasa Laundry di Arion Laundry Medan
Other Titles: The Effect of Brand Trust and Brand Image on Customer Satisfaction Choosing Laundry Services at Arion Laundry Medan
Authors: Simanjuntak, Rista Debby
metadata.dc.contributor.advisor: Isnaniah
Keywords: kepercayaan merek;citra merek;kepuasan pelanggan
Issue Date: 8-Jul-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320368
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Memilih Jasa Laundry di Arion Laundry Medan”. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel dimana variabel-variabel diukur dengan metode skala likert. Populasi dalam penelitian ini adaalah pelanggan yang berulang-ulang menggunakan jasa laundry antara 2-3 kali selama 3 bulan adalah sebanyak 88 pelanggan pada Arion Laundry Medan. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan populasi berjumlah 88 responden. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel kepercayaan merek sebesar 1,996 lebih besar dari t tabel sebesar 1.98827 dengan probabilitas t yakni sig 0,004 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Pada variabel citra merek sebesar 5,141 lebih besar dari t tabel 1.98827 dan probabilitas t yakni 0,014 < 0,05, maka variabel citra merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai F hitung sebesar 46,478 > 3,10 dengan sig 0,000 < 0,05, berarti kepercayaan merek dan citra merek secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,522. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 52,2%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 52,2 kepuasan pelanggan (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh kepercayaan merek dan citra merek, sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. This study aims to find out “The Influence of Brand Trust and Brand Image on Customer Satisfaction Choosing Laundry Service at Arion Laundry Medan”. This type of research is associative which is a research that the asking the relationship between two variables where the variables are measured by the likert scale method. The population in this study were customer who repeatedly used laundry service 2-3 times for 3 months as many as 88 customer. In this study the sampling method was carried out using the total sampling technique or saturated sample, so the number of sample in this study was taken from the entire population of 88 respondents. Based on the results of the t test it can be seen that t count on the brabd trust variabel of 1.996 is greater than t table at 1.98827 with the probability of t being sig 0,004 smaller than the significance limit of 0,05. Based on these values, the brand trust variabel has a positive and significant effect on the customer satisfaction variables. In the brand image variabel of 5.141 greater than t table of 1.98827 with probability t that is sig 0,014 < 0,05, then the brand image variabel has a positive and significant influence on the customer satisfaction variabel. Based on the result of the F test, the calculated F value is 46,478 > 3,10 with sig 0,000 < 0,05, meaning that brand trust and brand image simultanously have a positive and significant effect on customer satisfaction variables. The value of R Square obtained is 0,522. To see the influence of the independent variable by calculating the coefficient of determination (KD) = R2 x 100%, KD is obtained by 52,2%. This figure shows that 52,2% customer satisfaction (the dependent variabel) can be explained by brand trust and brand image, the remaining 47,8% is influenced in this study.
Description: 125 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16493
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320368_Rista Debby Simanjuntak_Fulltext.pdf
  Restricted Access
Cover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.98 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320368_Rista Debby Simanjuntak_Chapter IV.pdfChapter IV684.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.