Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16510
Title: Pengaruh Pendidikan Formal dan Informal Terhadap Minat Berwirausaha pada UKM di Kelurahan Medan Tenggara
Other Titles: The Influence of Formal and Informal Education on Entrepreneurial Interest in SMEs in Medan Tenggara Village
Authors: Siregar, Nauval Rachman
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Adelina
Keywords: pendidikan formal;informal;minat berwirausaha;formal education;entrepreneurial interest
Issue Date: 23-Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320413
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan formal dan informal terhadap minat berwirausaha pada UKM di kelurahan Medan Tenggara. Populasinya adalah pemilik UKM yang berada di kelurahan Medan Tenggara yang berjumlah 66 orang. Metode pengempulan data dilakukan dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji analisis data, asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan formal dan informal secara simultan bepengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai Fhitung (25,496) > Ftabel (3,14). Pendidikan formal secara parsial bepengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 atau thitung (5.445) > ttabel (1,669). Pendidikan Informal secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0.230 > 0.05 atau thitung (1,211) < ttabel (1,669). Angka Adjusted R Square yaitu sebesar 0,430 atau 43% yang berarti bahwa besarnya pengaruh variabel pendidikan formal dan pendidikan informal terhadap minat berwirausaha sebesar 43% sementara 57% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. The purpose of this study was to determine the effect of formal and informal education on entrepreneurial interest in SMEs in the village of Southeast Medan. The population is the owners of SMEs in the village of Southeast Medan, amounting to 66 people. The method of data collection is done by questionnaire. The data analysis method uses data analysis tests, classical assumptions, multiple linear analysis and hypothesis testing. The results showed that formal and informal education simultaneously had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship with a value of Fcount (25.496) > Ftable (3.14). Formal education partially has a positive and significant effect on interest in entrepreneurship with a significant value of 0.000 <0.05 or tcount (5,445) > ttable (1,998). Informal education partially has a positive but not significant effect on interest in entrepreneurship with a significant value of 0.230 > 0.05 or tcount (1,211) < ttable (1,998). The Adjusted R Square figure is 0.430 or 43%, which means that the magnitude of the influence of the variables of formal education and informal education on entrepreneurial interest is 43% while 57% is explained by other variables not examined in this study.
Description: 79 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16510
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320413_Nauval Rachman Siregar_Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography773.39 kBAdobe PDFView/Open
178320413_Nauval Rachman Siregar_Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV222.12 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.