Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17052
Title: Potret Representasi Sosial dalam Lirik Lagu “Menjadi Indonesia” pada Album Kamar Gelap 2008 (Analisis Semiotika Terhadap Lirik Lagu “Menjadi Indonesia” Band Efek Rumah Kaca
Other Titles: Portrait of Social Representation in the Lyrics of the Song "Become Indonesia" on the Album of Kamar Dark 2008 (Semiotic Analysis of the Lyrics of the Song "Become Indonesia" by the Efek Rumah Kaca Band
Authors: Cintia, Catharine
metadata.dc.contributor.advisor: Hasibuan, Effiati Juliana
Keywords: Potret Representasi Sosial;Social Representation Potrait;Lirik Lagu dan Analisis Semiotika;Song Lyrics and Semiotc Analysis
Issue Date: 5-Apr-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178530024
Abstract: Band Efek Rumah Kaca adalah grup musik dari Jakarta, lagu-lagu dari grup ini banyak diminati oleh masyarakat, tema yang diusung oleh grup Band Efek Rumah Kaca banyak mengangkat tentang tema sosial. Pada lagu “Menjadi Indonesia”, Band Efek Rumah Kaca menyajikan sebuah lagu indie dan bertemakan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potret representasi sosial dalam lirik lagu “Menjadi Indonesia”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif interpretatif dengan menggunakan pendekatan teori Semiotika Roland Barthes, dalam teori ini membagi masing-masing teks yang kemudian diteliti berdasarkan konsep tanda, yaitu denotation (denotatif), connotation (konotatif), dan metalanguage (mitos). Peneliti menginterpretasikan lirik lagu “Menjadi Indonesia” yang diciptakan oleh grup musik Efek Rumah Kaca dari Jakarta, dari hasil penelitian, peneliti menemukan potret representasi sosial dalam lirik lagu “Menjadi Indonesia” yaitu 1) potret kondisi sosial dan 2) potret toleransi terhadap perbedaan. Lagu “Menjadi Indonesia” merupakan sebuah bentuk perhatian grup musik Efek Rumah Kaca terhadap merosotnya rasa peduli di negara kita, lagu ini diciptakan untuk menyampaikan representasi sosial dalam balutan musik pop atau musik indie yang dapat diterima masyarakat luas sehingga diharapkan masyarakat lebih peduli terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi seperti yang terdapat pada lirik lagu “Menjadi Indonesia”. Efek Rumah Kaca Band is a music group from Jakarta, the songs of this group are much in demand by the community, the theme carried by the Efek Rumah KacaBand group raises a lot about social themes. On the song "Menjadi Indonesia", the Efek Rumah Kaca Band presents an indie song and socially themed. This research aims to find out how portraits of social representation in the lyrics of the song "Menjadi Indonesia". The method used in this study is an interpretive qualitative method using Roland Barthes' semiotics theoretical approach, in this theory dividing each text which is then studied based on the concept of signs, namely denotation (denotative), connotation (conotative), and metalanguage (myth). Researchers interpreted the lyrics of the song "Menjadi Indonesia" created by the efek rumah kaca music group from Jakarta, from the results of the study, researchers found portraits of social representations in the lyrics of the song “Menjadi Indonesia" namely 1) portrait of social conditions and 2) portrait of tolerance to differences. The song "Menjadi Indonesia" is a form of attention of the efek rumah kaca music group to the decline of caring in our country, this song was created to convey social representation in pop music or indie music that can be accepted by the wider community so that people are expected to be more concerned about events that occur such as those contained in the lyrics of the song "Menjadi Indonesia".
Description: 63 Hal
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17052
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178530024 - Catharine Cintia - Cahpter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV529.95 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178530024 - Catharine Cintia - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography984.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.