Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17087
Title: Pengaruh Tangible dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Pusat Jantung Terpadu Rumah Sakit Adam Malik Kota Medan
Other Titles: The Effect of Tangible and Responsiveness on Satisfaction of Inpatients at the Integrated Cardiac Center, Adam Malik Hospital, Medan City
Authors: Tamba, Nurbangkit
metadata.dc.contributor.advisor: Sabrina, Hesti
Keywords: Tangible Dan Responsiveness;Kepuasan Pasien
Issue Date: 7-Oct-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320274
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tangible dan responsiveness secara parsial terhadap Kepuasan Pasien.Untuk mengetahui pengaruh tangible dan responsiveness secara simultan terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap Di Pusat Jantung Terpadu Rumah Sakit Adam Malik dengan menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability dengan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data primer dengan menggunakan instrumen ; observasi, wawancara, studi kasus dan kuesioner. Dalam menganalisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi. Berdasarkan hasil uji parsial (t) dapat disimpulkan bahwa tangible mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien. Responsiveness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien. Berdasarkan hasil uji F dapat disimpulkan bahwa variable tangible, dan responsiveness secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan perhitungan koefesien determinasi, dapat dilihat nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,561. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 56,1% Kepuasan Pasien (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh faktor tangible, dan responsiveness. Sisa nya sebesar 0,449 atau 44,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan di dalam penelitian ini. The purpose of this study was to determine the effect of Tangible and Responsiveness partially on customer satisfaction. To determine the effect of Tangible, and Responsiveness simultaneously on Customer Satisfaction. This type of research is associative. The population in this study were inpatients at the Integrated Heart Center at Adam Malik Hospital using a sample of 100 people. Sampling is done by using a non-probability technique with the total sampling method. Data collection techniques used in this study are primary data collection techniques using instruments; observations, interviews, case studies and questionnaires. In analyzing the data using multiple linear regression, t test, F test, and test of determination. Based on the results of the partial test (t) it can be concluded that Tangible has a positive and significant effect on patient satisfaction. Responsiveness has a positive and significant effect on patient satisfaction. Based on the results of th e F test, it can be concluded that the Tangible and Responsiveness variables simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction. Based on the calculation of the coefficient of determination, it can be seen that the R Square value obtained is 0.561. This figure shows that 56.1% of Patient Satisfaction (the dependent variable) can be explained by Tangible and Responsiveness factors. The remaining 0.449 or 44.9% is influenced by other factors not described in this study.
Description: 63 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17087
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320274 - Nurbangkit Tamba - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.16 MBAdobe PDFView/Open
178320274 - Nurbangkit Tamba - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV667.62 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.