Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17162
Title: Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Oriflame (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area)
Other Titles: The Effect of Marketing Communication and Brand Equity on Oriflame Customer Loyalty (Case Study on Students of the Faculty of Economics and Business, University of Medan Area)
Authors: Tarigan, Eni Herawati
metadata.dc.contributor.advisor: Sabrina, Hesti
Keywords: komunikasi pemasaran;ekuitas merek;loyalitas pelanggan;marketing communication;brand equity;customer loyalty
Issue Date: 3-Feb-2022
Publisher: Universitas Medan Are
Series/Report no.: NPM;178320100
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting dan seberapa besar pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan(Studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Medan Area).Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Komunikasi Pemasaran dan Ekuitas Merek sedangkan variabel dependen nya adalah Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden, adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengacu pada rumus slovin. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik non probality sampling dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis model statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi liniear berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R2 ) dengan menggunakan software SPSS 21.0 (Statistic Product and Services Solution) for windows. Data penelitian bersumber dari data primer dan proses pengumpulan data dan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel independen yaitu Komunikasi Pemasaran dan Ekuitas Merek terhadap variabel dependen yaitu Loyalitas Pelanggan. Variabel Komunikasi Pemasaran diperoleh nilai t adalah thitung > ttabel (3,110 > 2,000) dengan tingkat signifikasi 0,03< 0,05 dan untuk variabel Ekuitas Merek diperoleh nilai t thitung > ttabel (-0,656 > 2,000) dengan tingkat signifikasi 0,514 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F dengan α=5% Fhitung > Ftabel dimana (6,903>3,15), Sehingga dapat dikemukakan bahwa komunikasi pemasaran (X1) dan ekuitas merek (X2), secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada produk oriflame. This study aims to determine how important and how big the influence of Marketing Communication and Brand Equity on Customer Loyalty (Case study on economics and business faculty students University of Medan Area). The independent variables used in this research are, Marketing Communication and Brand Equity, while the dependent variable is Customer Loyalty. This study used a sample of 60 respondents, while the sampling technique in this study refers to the slovin formula. Sampling using non probability sampling technique with purposive sampling method. Hypothesis testing in this study uses statistical model analysis consisting of validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression, F test, t test, and coefficient of determination (R2) using SPSS 21.0 software (Statistical Product and Services Solution). for windows. Research data sourced from primary data and the process of collecting data and using a questionnaire. The results showed that there was a relationship between the independent variables, namely Marketing Communications and Brand Equity on the dependent variable, namely Customer Loyalty. Marketing Communication variable obtained t value is tcount > ttable (3.110 > 2,000) with a significance level of 0.03 < 0.05 and for Brand Equity variable obtained t value tcount > ttable (-0.656 > 2,000) with a significance level of 0.514 < 0.05 . Based on the results of the F test with =5% Fcount > Ftable where (6,903>3.15), it can be argued that marketing communication (X1) and brand equity (X2), simultaneously or j
Description: 96
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17162
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320100 - ENI HERAWATI TARIGAN Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.46 MBAdobe PDFView/Open
178320100 - ENI HERAWATI TARIGAN Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV345.25 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.