Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17207
Title: Pengaruh Harga, Promosi, dan Lokasi Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Batang Kuis (Studi Kasus PT. Dio Putra Properti Real Estate Indonesia)
Other Titles: The Influence of Price, Promotion, and Location in Determining Home Purchase Decisions in Batang Kuis Housing (Case Study of PT. Dio Putra Properti Real Estate Indonesia)
Authors: Simamora, Marisa
metadata.dc.contributor.advisor: Pribadi, Tedyy
Keywords: Promosi, Lokasi;Keputusan pembelian
Issue Date: 12-Oct-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320127
Abstract: Dengan semakin bertambahnya jumlah populasi penduduk pada suatu daerah, maka kebutuhan akan tempat tinggal atau rumah secara otomatis juga mengalami peningkatan, sebab tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Peningkatan permintaan atas tempat tinggal jelas sekali terlihat di daerah perkotaan dan daerah penyangga kota. Salah satu perusahaan properti yang ada di Indonesia adalah PT Dio Putra Properti Real Estate Indonesia yang berpusat di Medan. Selama periode Januari-Desember 2019 menunjukkan jumlah penjualan unit perumahan melampaui target perusahaan. Data tersebut menggambarkan bahwa kepemilikan rumah masyarakat Medan lebih meningkat meskipun membeli rumah secara kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis, pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis, pengaruh harga, lokasi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret–April 2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji signifikan parsial (Uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menggunakan uji signifikan parsial (Uji t) menunjukkan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi dilihat nilai R Square (R2) sebesar 0,531 yang berarti keputusan pembelian Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis dapat dipengaruhi oleh harga, promosi, dan lokasi sebesar 53,1% sedangkan sisanya 46,9% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini. With the increasing number of population in an area, the need for a place to live or a house automatically also increases, because housing is one of the primary human needs. The increase in demand for housing is most evident in urban areas and urban buffer zones. One of the property companies in Indonesia is PT Dio Putra Properti Real Estate Indonesia, which is based in Medan. During the January-December 2019 period, the number of housing unit sales exceeded the company's target. The data illustrates that Medan community home ownership is increasing even though buying a house on credit. This study aims to determine how the effect of price on consumer purchasing decisions Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis the effect of promotion on consumer purchasing decisions for Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis, the influence of location on consumer purchasing decisions for Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis, the effect of price, location, and location on consumer purchasing decisions Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis. The population in this study are consumers of Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis. The time of the study was carried out in March–April 2021. The sample in this study was 50 respondents with the sampling technique used, namely the saturated sample. Data was collected by distributing questionnaires to consumers of Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis. The data analysis technique used is the partial significant test (t test) and the simultaneous test (F test). The results of the study using a partial significant test (t test) showed that price had a significant effect on purchasing decisions, promotion had a significant effect on purchasing decisions, location had a significant effect on purchasing decisions. Analysis of the coefficient of determination seen the value of R Square (R2) of 0.531 which means purchase decision Perumahan Kenanga Asri Batang Kuis can be influenced by price, promotion, and location by 53.1% while the remaining 46.9% can be explained by factors that are not included in this research.
Description: 97 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17207
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320127 - Marisa Simamora - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III,V, Bibliography1.68 MBAdobe PDFView/Open
178320127 - Marisa Simamora - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV581.22 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.