Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17229
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Saiful Akhyar-
dc.contributor.advisorSiregar, Nina Siti Salmaniah-
dc.contributor.authorMahmuda, Syarifah-
dc.date.accessioned2022-06-23T06:22:19Z-
dc.date.available2022-06-23T06:22:19Z-
dc.date.issued2022-01-12-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17229-
dc.description120 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan Orangtua dan Efikasi diri dengan Motivasi Belajar siswa Kelas VIII SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan, dengan populasi berjumlah 103 orang siswa. Sampel Penelitian berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian inni adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Random Sampling. Instumen yang digunakan adalah angket model skala Likert. Teknik Pengumpilan data menggunakan tiga skala yang terdiri dari skala Dukungan Orangtua, Efikasi Diri dan Motivasi Belajar. Teknik Analisa yang digunakan adalah Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,698 dengan p = 0,000, R2= 0,487 dengan kontribusi sebesar 48,7 %. 2) Adanya Hubungan positif yang signifikan antara Efikasi diri dengan Motivasi Belajar siswa dengan hasil nilai Koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,715 dengan p= 0,000, R2= 0,512 dengan kontribusi sebesar 51,2%. 3) Adanya hubungan Positif yang signifikan antara dukungan Orangtua dan Efikasi diri dengan motivasi belajar, hasil ini ditunjukkan dengan nilai koefisien linearitas F =16,919 dan p= 0,000, p < 0,05 dan R2 = 0,595, dengan kontribusi sebesar 59,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa masih terdapat 40,5 % sumbangan dari faktor lain yang dapat mempengarui Motivasi Belajar. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa semakin tinggi dukungan orangtua dan Efikasi diri, semakin tinggi Motivasi belajar , dan sebaliknya semakin rendah Dukungan orangtua dan efikasi diri maka semakin rendah motivasi belajar siswa. This study aims to determine the correlation between parental support and self-efficacy with learning motivation of eighth grade students of SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan, with a population of 103 students. The research sample amounted to 26 students. The method used in this research is quantitative method with sampling technique using Random Sampling Technique . The instrument used is a Likert scale model questionnaire. The data collection technique used three scales consisting of the Parental Support, Self-Efficacy and Learning Motivation scales. The analysis technique used is Multiple Regression. Based on the results of the study it was concluded that: 1) there was a significant positive correlation between parental support and learning motivation with a correlation coefficient (rx1y) of 0.698 with p = 0.000, R2 = 0.487 with a contribution of 48.7%. 2) There is a significant positive relationship between self-efficacy and student learning motivation with the results of the correlation coefficient (rx2y) of 0.715 with p = 0.000, R2 = 0.512 with a contribution of 51.2%. 3) There is a significant positive correlation between parental support and self-efficacy with learning motivation, this result is indicated by the linearity coefficient value of F = 16.919 and p = 0.000, p <0.05 and R2 = 0.595, with a contribution of 59.5%. These results indicate that there are still 40.5% contributions from other factors that can affect learning motivation. From these results it can be said that the higher the parental support and self-efficacy, the higher the learning motivation, and conversely the lower the parental support and self-efficacy, the lower the students' learning motivation.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;191804018-
dc.subjectdukungan orang tuaen_US
dc.subjectefikasi dirien_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectparental supporten_US
dc.subjectself efficacyen_US
dc.subjectlearning motivationen_US
dc.titleHubungan Dukungan Orangtua dan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medanen_US
dc.title.alternativeThe Relationship of Parental Support and Self-Efficacy with Learning Motivation of Class VIII Students of Shafiyyatul Amaliyyah Middle School Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191804018 - Syarifah Mahmuda - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.5 MBAdobe PDFView/Open
191804018 - Syarifah Mahmuda - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV347.03 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.