Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17358
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAziz, Azhar-
dc.contributor.advisorNovita, Eryanti-
dc.contributor.authorHasibuan, Nurul Niki Putri-
dc.date.accessioned2022-06-27T07:43:09Z-
dc.date.available2022-06-27T07:43:09Z-
dc.date.issued2022-02-07-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17358-
dc.description113 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Stres Akademik Remaja di SMKN 1 Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Stres akademik merupakan suatu respon yang muncul yang ditimbulkan oleh stimulus−stimulus yaitu tantangan dan tuntutan akademik yang menimbulkan ketegangan, perasaan tidak nyaman dan perubahan tingkat laku, sedangkan Keharmonisan Keluarga adalah suatu kumpulan keluarga yangmempunyai kehidupan beragama yang baik, adanya komunikasi, dan saling menghargai sesama keluarga. Populasi penelitian ini adalah remaja di SMKN 1 Percut Sei Tuan sebanyak 160 orang dan sampel penelitian sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala psikologi yaitu skala keharmonisan keluarga dan skala stres kerja dengan menggunakan model skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,657 dengan p = 0,000 (p<0,050), artinya ada hubungan negatif antara keharmonisan keluarga dengan stres kerja. Nilai koefisien korelasi negatif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah negatif. Keharmonisan keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 43,2%. Mean empiric variabel keharmonisan keluarga yang diperoleh yaitu 85,31 sedangkan mean empiric variabel stres akademik sebesar 92,36 lalu untuk mean hipotetik variabel keharmonisan keluarga sebesar 85 dan mean hipotetik variabel stres akademik sebesar 82,5. This study aims to determine the relationship between Family Harmony and Adolescent Academic Stres at SMKN 1 Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Academic stres is a response that arises from stimuli, namely academic challenges and demands that cause tension, uncomfortable feelings and changes in behavior levels, while Family Harmony is a collection of families who have a good religious life, communication, and mutual respect for each other. family. The population of this study was 160 students at SMKN 1 Percut Sei Tuan and 100 samples were taken using purposive sampling method. This study uses two psychological scales, namely the family harmony scale and the work stres scale using a Likert scale model. The results of this study indicate the correlation coefficient rxy = -0.657 with p = 0.000 (p <0.050), meaning that there is a negative relationship between family harmony and work stres. The negative correlation coefficient value indicates that the direction of the relationship between the two variables is negative. Family harmony provides an effective contribution of 43.2%. The empirical mean of the family harmony variable obtained is 85.31 while the empirical mean of the academic stres variable is 92.36, then the hypothetical mean of the family harmony variable is 85 and the hypothetical mean of the academic stres variable is 82.5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;168600001-
dc.subjectkeharmonisan keluargaen_US
dc.subjectstres akademiken_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectfamily harmonyen_US
dc.subjectacademic stresen_US
dc.subjectteenageren_US
dc.titleHubungan Keharmonisan Keluarga dengan Stres Akademik Remaja di SMKN 1 Percut Sei Tuan Deli Serdangen_US
dc.title.alternativeFamily Harmony Relationship with Adolescent Academic Stress at SMKN 1 Percut Sei Tuan Deli Serdangen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600001 - Nurul Niki Putri Hsb - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V,Bibliography6.71 MBAdobe PDFView/Open
168600001 - Nurul Niki Putri Hsb - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.