Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17411
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nuraini | - |
dc.contributor.advisor | Parinduri, M. Abrar | - |
dc.contributor.author | Malik, Abdul | - |
dc.date.accessioned | 2022-06-28T07:48:10Z | - |
dc.date.available | 2022-06-28T07:48:10Z | - |
dc.date.issued | 2022-03-23 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17411 | - |
dc.description | 107 Halaman | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas dan interasksi orangtua dengan perkembangan moral siswa di SMA Negeri 20 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi jumlah sebanyak 349 siswa SMA Negeri 20 Medan. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel sebanyak 186 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis, yang terdiri dari skala religiusitas, interaksi orangtua, perkembangan moral. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Teknik Analisis Regresi Berganda. Hasil analisis penelitian ini diperoleh korelasi 𝑟𝑥1𝑦= 0,590 dengan p = 0.000, artinya ada hubungan religiusitas dengan perkembangan moral. Koefisien determinan 𝑟2=0,348. Artinya bahwa religiusitas memberikan kontribusi terhadap perkembangan moral sebesar 34,8 %. Korelasi 𝑟𝑥2𝑦= 0,669 dengan p = 0.000, artinya ada hubungan interaksi orangtua dengan perkembangan moral. Koefisien determinan 𝑟2=0,448. Artinya bahwa interaksi orangtua memberikan kontribusi terhadap perkembangan moral sebesar 44,8 %. Selain itu berdasarkan hasil analisis penelitian ini diperoleh korelasi 𝑟𝑥1𝑥2𝑦= 0,731 dengan p = 0.000, artinya ada hubungan religiusitas dan interaksi orangtua dengan perkembangan moral. Koefisien determinan 𝑟2=0,535. Artinya bahwa secara bersama-sama religiusitas dan interaksi orangtua memberikan kontribusi terhadap perkembangan moral sebesar 53,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. This article aims to examine the correlation between religiosity and parental interaction with the moral development of students at SMA Negeri 20 Medan. This study uses a quantitative approach with the analysis technique of Multiple Regression Analysis. Obtaining sampling using random sampling obtained a sample of 186 people. Data collection techniques used three scales, namely the scale of religiosity, parental interaction, and moral development. This study concludes that (1) there is a significant positive correlation between religiosity and moral development where r_xy= 0.590 with p = 0.000, the coefficient r^2=0.348, which means that religiosity contributes 34.8% to form moral development. (2) there is a significant positive correlation between parental interaction and moral development where r_xy = 0.731 with p = 0.000 means p < 0.050, the coefficient of determinant (r^2) r^2 = 0.535 which means parent interaction contributes 53.5% to form moral development. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;191804009 | - |
dc.subject | religiusitas | en_US |
dc.subject | interaksi orangtua anak | en_US |
dc.subject | perkembangan moral | en_US |
dc.subject | moral development | en_US |
dc.subject | religiosity | en_US |
dc.subject | parent interaction | en_US |
dc.title | Hubungan Religiusitas dan Interaksi Orangtua dengan Perkembangan Moral Siswa SMA Negeri 20 Medan | en_US |
dc.title.alternative | Relation of Religiosity and Parental Interaction with Moral Development of Students of SMA Negeri 20 Medan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
191804009 - Abdul Malik Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open |
191804009 - Abdul Malik Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 411.15 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.