Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17725
Title: Penerapan Marketing 4.0 Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Pemasaran UMKM Tradisional Di Era Digitalisasi Studi Kasus Batik Az-Zahra Medan
Other Titles: Application of Marketing 4.0 and Marketing Communication to Traditional MSME Marketing in the Era of Digitalization Case Study of Batik Az-Zahra Medan
Authors: Putra, Addilnul Alfando
metadata.dc.contributor.advisor: Rafiqi, Ahmad
Keywords: Marketing 4.0;Marketing 4.0;Komunikasi Pemasaran Dan Pemasaran;Communication and Marketing
Issue Date: 19-Jan-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320187
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi suatu peristiwa yang hadir di Indonesia saat ini yang dimana masuknya era digitalisasi 4.0 yang hadir memicu persaingan yang kuat antar pelaku ekonomi dalam negeri maupun pelaku ekonomi luar negri yang saat ini akses pemasaran dapat dijangkau dengan mudah tanpa adanya masalah jarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah pendiri sekaligus pemilik Batik Az-Zahra Medan, admin sosial media, administrasi, dan dua karyawan lainnya. Proses pengumpulan data mengunakan wawancara atau interview dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dari hasil wawancara atau interview dari pendiri dan pemilik Batik Az-Zahra Medan, admin sosial media, administrasi, dan dua karyawan lainnya maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Marketing 4.0 dan Komunikasi Pemasaran pada Pemasaran Batik Az-Zahra Medan dapat dikatakan berperan dan berhasil dalam meningkatkan pemasaran. Marketing 4.0 dapat diterapkan dengan baik dengan kualitas barang yang bagus dan Komunikasi pemasaran yang baik dan pasar yang dituju dapat dijangkau oleh pembeli. Hal ini memiliki peran yang sangat baik untuk meningkatkan pemasaran di era digital saat ini yang dimana pemilik Batik Az-Zahra Medan memilih sosial media yang tepat dalam memasarkan produk yang dijual sesuai dengan target pasar yang dituju. This research is motivated by an event that is present in Indonesia today, where the entry of the digitalization era 4.0 which is present triggers strong competition between domestic economic actors and foreign economic actors who currently have easy access to marketing without any distance problems. This type of research is qualitative research, namely research on descriptive research and tends to use analysis. The research subjects in this study were the founder and owner of Batik Az-Zahra Medan, social media admin, administration, and two other employees. The process of collecting data using interviews or interviews and observation. The results of this study, namely the results of interviews or interviews with the founder and owner of Batik Az-Zahra Medan, social media admin, administration, and two other employees, it can be concluded that the application of Marketing 4.0 and Marketing Communications in Marketing of Batik Az-Zahra Medan can be said to play a role and succeeded in increasing marketing. Marketing 4.0 can be implemented properly with good quality goods and good marketing communication and the target market can be reached by buyers. This has a very good role to improve marketing in the current digital era where the owner of Batik Az-Zahra Medan chooses the right social media in marketing the products that are sold according to the intended target market.
Description: 56 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17725
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320187 - Addilnul Alfando Putra - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV346.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320187 - Addilnul Alfando Putra - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.