Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17845
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHidayani, Sri-
dc.contributor.advisorMubarak, Ridho-
dc.contributor.authorTarigan, Sakti Damenda-
dc.date.accessioned2022-07-26T11:37:13Z-
dc.date.available2022-07-26T11:37:13Z-
dc.date.issued2021-07-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17845-
dc.description77 Halamanen_US
dc.description.abstractHukum Perlindungan Konsumen sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat maka dibuatlah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Pertanggungjawaban hukum agen perjalanan wisata (Travel Agent) atas ketidaksesuaian paket perjalanan yang ditawarkan dengan kenyataannya (Studi Pada PT.Efata Indonesia Tour & Travel ) adalah judul yang diangkat penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bentuk perjanjian yang disepakati antara agen perjalanan PT.Efata Indonesia Tour & Travel dengan konsumen serta pertanggungjawaban agen perjalanan apabila terjadi kerugian yang diderita konsumen. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan secara yuridis normatif yaitu metode penelitian yang mengkaji studi dokumen yakni menggunakan berbagai data skunder seperti peraturan perundangundangan, keputusan pengadilan,teori hukum, dan dapat juga berupa pendapat para sarjana. Sumberdata diperoleh langsung dari lokasi penelitian atau lapangan dengan mengajukan pertanyaan kepada narasumber yaitu pimpinan PT.Efata Indonesia Tour & Travel yang terdapat di perusahaan tempat penelitian. Sumber data lainnya merupakan studi kepustakaan yaitu melalui buku-buku literatur, serta berdasarkan peraturan perundang-undangan yang masih ada sangkut pautnya dengan penelitian ini. Analisa data menggunakan metode analisa deskriptif yaitu dengan jalan menentukan dan menggambarkan apa adanya sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan data-data yang diperoleh dari PT.Efata Indonesia Tour & Travel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk perjanjian yang digunakan atau dipakai PT.Efata Indonesia Tour & Travel dengan konsumen yaitu perjanjian tertulis dan pertanggung jawaban PT.Efata Indonesia Tour & Travel apabila terjadi kerugian pada konsumen maka PT.Efata Indonesia Tour & Travel bersedia untuk mengganti kerugian bila benar-benar terbukti bersalah. Setiap permasalahan di PT.Efata Indonesia Tour & Travel akan diselesaikan dengan cara bernegosiasi. Consumer Protection Law is very influential in life in the community then Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection to solve problems that occur in Public. The travel agent's legal liability for the non-conformity of the travel package offered in reality (Study at PT. Efata Indonesia Tour & Travel) is the title raised author. This study aims to determine the form of the agreement agreed between the travel agent PT.Efata Indonesia Tour & Travel with the consumer as well as the responsibility of the travel agent in the event of a loss suffered by the consumer. This study uses a research methodology with a juridical normative approach, namely a research method that examines document studies using a variety of secondary data such as statutory regulations, court decisions, legal theory, and it can also be the opinion of scholars. Sources of data are obtained directly from the research location or field by asking questions to the speakers, namely the leadership of PT. Efata Indonesia Tour & Travel which is located in the company where the research is conducted. Another source of data is literature study, namely through literature books, and based on existing laws and regulations related to this research. Analysis of data using descriptive analysis method, namely by determining and describing what it is in accordance with the problems studied and data obtained from PT. Efata Indonesia Tour & Travel. The results of the study can be concluded that the form of agreement used or used by PT. Efata Indonesia Tour & Travel with consumers is a written agreement and PT. Efata Indonesia Tour & Travel's responsibility if there is a loss to the consumer, PT. Efata Indonesia Tour & Travel is willing to compensate for the loss. when really proven guilty. Every problem at PT.Efata Indonesia Tour & Travel will be resolved by negotiating.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178400155-
dc.subjectpertanggungjawaban hukumen_US
dc.subjectagen perjalananen_US
dc.subjectperjalanan wisataen_US
dc.subjectlegal protectionen_US
dc.subjecttravel agenciesen_US
dc.subjecttravel agent accontabilityen_US
dc.titlePertanggungjawaban Hukum Agen Perjalanan Wisata (Travel Agent) Atas Ketidaksesuaian Paket Perjalanan Yang Ditawarkan Dengan Kenyataannya (Studi Pada PT.Efata Indonesia Tour and Travel Jl.Letjen Jamin Ginting Km 7,5 No.161/164 Padang Bulan Medan Baru 20155)en_US
dc.title.alternativePertanggungjawaban Hukum Agen Perjalanan Wisata (Travel Agent) Atas Ketidaksesuaian Paket Perjalanan Yang Ditawarkan Dengan Kenyataannya (Studi Pada PT.Efata Indonesia Tour and Travel Jl.Letjen Jamin Ginting Km 7,5 No.161/164 Padang Bulan Medan Baru 20155)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178400155 - Sakti Damenda Tarigan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV661.56 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178400155 - Sakti Damenda Tarigan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III, Bibliography1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.