Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17887
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBatubara, Beby Masitho-
dc.contributor.advisorAngelia, Nina-
dc.contributor.authorMendrofa, Agung Rahmat Christin-
dc.date.accessioned2022-07-28T08:41:32Z-
dc.date.available2022-07-28T08:41:32Z-
dc.date.issued2022-03-24-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17887-
dc.description74 Halamanen_US
dc.description.abstractLatar belakang masalah dalam skripsi ini adalah pendidikan yang terdapat di Desa Ononamolo Talafu sudah terbangun dengan baik fasilitasnya namun kualitasnya masih butuh perhatian. Ditemukan beberapa kendala seperti akses jaringan internet yang tidak tersedia, tenaga pendidik yang kurang dan kendala fasilitas yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dari partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan anak melalui rumah belajar di Desa Ononamolo Talafu Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias, dan juga untuk mengetahui kendala dalam mendukung pendidikan anak melalui rumah belajar di Desa Ononamolo Talafu Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian yaitu menurut Engkosworo dan Komariah (2010:297) yang menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat dalam pendidikan dapat dikategorikan menjadi dua kategori yaitu partisipasi dalam bentuk kontribusi pembiayaan, partisipasi dalam bentuk kontribusi pemikiran dan tenaga. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif dimana dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kontribusi pembiayaan masyarakat mendukung adanya Rumah Belajar di Desa Ononamolo Talafu berupa pemberian uang tunai, dan barang – barang keperluan untuk belajar. Selanjutnaya dari kontribusi pemikiran yang masyarakat berupa ide dalam membangun semagat belajar anak dengan membuat hasil kerajinan tangan anak dan dipajang di dinding rumah belajar. Kemudian kontribusi tenaga dapat diketahui bahwa masyarakatnya membantu proses pembangunan rumah belajar. The background of the problem in this thesis is that the education in Ononamolo Talafu Village has been built with good facilities but the quality still needs attention. Several obstacles were found, such as unavailable internet network access, insufficient teaching staff, and inadequate facilities. This study aims to determine the form of community participation in supporting children's education through learning houses in Ononamolo Talafu Village, Botomuzoi District, Nias Regency, and also to find out the obstacles in supporting children's education through learning houses in Ononamolo Talafu Village, Botomuzoi District, Nias Regency. The theory used in the study, according to Engkosworo and Komariah (2010:297) which explains the form of community participation in education can be categorized into two categories, namely participation in the form of financing contributions, participation in the form of contributions of thought and energy. This research method is qualitative whereby means of observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the contribution of community financing supports the existence of a Learning House in Ononamolo Talafu Village in the form of giving cash, and goods needed for learning. Furthermore, the contribution of the community thought in the form of ideas in building a child's learning spirit by making children's handicrafts and displaying them on the walls of the study house. Then the contribution of the workforce can be seen that the community helps the process of building a learning house.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188520110-
dc.subjectpartisipasien_US
dc.subjectmasyarakat desaen_US
dc.subjectpendidikanen_US
dc.subjectparticipationen_US
dc.subjectvillage communityen_US
dc.subjecteducationen_US
dc.titlePartisipasi Masyarakat Desa dalam Mendukung Pendidikan Anak Melalui Rumah Belajar di Desa Ononamolo Talafu Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Niasen_US
dc.title.alternativeVillage Community Participation in Supporting Children's Education Through House of Learning in Ononamolo Talafu Village, Botomuzoi District Nias Districen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188520110_Agung Rahmat Mendrofa_Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.87 MBAdobe PDFView/Open
188520110_Agung Rahmat Mendrofa_Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV513.33 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.