Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18050
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRadman, Dadan-
dc.contributor.advisorSiahaan, Yusuf R-
dc.contributor.authorPanjaitan, Ferdinand-
dc.date.accessioned2022-08-22T07:58:37Z-
dc.date.available2022-08-22T07:58:37Z-
dc.date.issued2022-06-30-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18050-
dc.description39 Halamanen_US
dc.description.abstractPaving block merupakan suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu paving block tersebut. Fly ash merupakan limbah padat yang dihasilkan dari pembakaran batu bara, diperoleh dari proses pembakaran batu bara secara sederhana. Proses tersebut bisa menimbulkan masalah lingkungan, maka salah satu cara agar material hasil produksi sampingan tersebut tidak mengkontaminasi lingkungan adalah dengan menggunakan matrial tersebut sebagai bahan pengganti semen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kuat tekan dan serapan air material paving block akibat variasi komposisi fly ash. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengujian yang dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap spesimen yang telah dibuat. Dari hasil pengujian kuat tekan dan analisis data maka rekomendasi komposisi pembuatan paving block yaitu variasi 1:1 komposisi 10% fly ash dengan nilai kuat tekan 34,8 Mpa dan serapan air 3,39%. Paving block is a composition of building materials made of a mixture of portland cement, water and aggregate with or without other additives that do not reduce the quality of the paving block. Fly ash is a solid waste produced from burning coal, obtained from a simple coal combustion process. This process can cause environmental problems, so one way to prevent the by-products from contaminating the environment is to use cement substitutes. This study aims to determine how big the paving block is the compressive strength and air absorption due to variations in the composition of fly ash. The method used in this research is a test method that is carried out by testing the specimens that have been made. From the result of compressive strength testing and data analysis, the recommendation fo the composition for the paving block is a 1:1 variation of 10% fly ash composition with a compressive strength value of 34.8 MPa and water absorption was 3.39%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198130111-
dc.subjectPaving Blocken_US
dc.subjectFly Ashen_US
dc.subjectUji Kuat Tekanen_US
dc.subjectSerapan Airen_US
dc.subjectPaving Blocken_US
dc.subjectFly Ashen_US
dc.subjectCompressive Strength Testen_US
dc.subjectwater absorptionen_US
dc.titleAnalisis Kuat Tekanan dan Serapan Air Material Paving Block Akibat Variasi Komposisi Fly Ashen_US
dc.title.alternativeAnalysis of Pressure Strength and Water Absorption of Paving Block Materials Due to Variations in Fly Ash . Compositionen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198130111 - Ferdinand Panjaitan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V Bibliography2.81 MBAdobe PDFView/Open
198130111 - Ferdinand Panjaitan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV2.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.