Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18133
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAlfita, Laili-
dc.contributor.advisorHarahap, Dinda Permata Sari-
dc.contributor.authorRisyah, Hikmah Nabila-
dc.date.accessioned2022-09-08T07:45:41Z-
dc.date.available2022-09-08T07:45:41Z-
dc.date.issued2022-06-29-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18133-
dc.description95 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kesadaran diri dengan disiplin belajar pada Siswa SMAN 1 Talawi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Talawi yang berjumlah 729 siswa dan sampel yang digunakan siswa laki-laki yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi korelasi p = 0,000 < 0,05. Diketahui dari perhitungan skala korelasi antara kesadaran diri dengan disiplin belajar menunjukkan rxy = 0,548. Angka tersebut menunjukkan bahwa kesadaran diri berkontribusi terhadap disiplin belajar sebesar 30%, artinya semakin tinggi kesadaran diri maka hal ini menjadikan disiplin belajar yang baik. Sebaliknya semakin rendah kesadaran diri maka hal ini menjadikan disiplin belajar yang buruk, dengan koefisien determinan (r2) sebesar 0,300 dengan kata lain hipotesis diterima. Disiplin belajar siswa tergolong rendah dengan nilai mean empirik = 64,72 < mean hipotetik = 75 dimana selisihnya lebih dari SD = 9,286 dan untuk kesadaran diri siswa tergolong rendah dengan nilai mean empirik = 60,03 < mean hipotetik =72,5 dimana selisihnya lebih dari SD = 6,303. The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between self-awareness and learning discipline in SMAN 1 Talawi students. The population used in this study were all students of SMAN 1 Talawi, amounting to 729 students and the sample used by male students, amounting to 69 students. The sampling technique used was purposive sampling. The method used in this study is a quantitative method. The data collection method used a Likert scale. The data analysis technique uses Product Moment correlation. The results of this study indicate the significance value of the correlation p = 0.000 <0.05. It is known from the calculation of the correlation scale between self-awareness and learning discipline shows rxy = 0.548. This figure shows that self-awareness contributes to learning discipline by 30%, meaning that the higher self-awareness, this makes good learning discipline. On the other hand, the lower the self-awareness, the lower the learning discipline, with the determinant coefficient (r2) of 0.300, in other words, the hypothesis is accepted. Student learning discipline is low with empirical mean = 64.72 < hypothetical mean = 75 where the difference is more than SD = 9.286 and for student self-awareness is low with empirical mean = 60.03 < hypothetical mean = 72.5 where the difference is more from SD = 6,303.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178600249-
dc.subjectKesadaran Dirien_US
dc.subjectDisiplin Belajaren_US
dc.subjectSelf Awarenessen_US
dc.subjectLearning Disciplineen_US
dc.titleHubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa SMAN 1 Talawien_US
dc.title.alternativeThe Relationship Between Self-Awareness and Learning Discipline For Students of SMAN 1 Talawien_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178600249 - Hikmah Nabila Risyah - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V Bibliography3.46 MBAdobe PDFView/Open
178600249 - Hikmah Nabila Risyah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.