Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18192
Title: Efektivitas Pelayanan Pengguna Jalan Tol di PT. Jasamarga Cabang Belmera Kota Medan
Other Titles: Effectiveness of Toll Road User Services at PT. Jasamarga Branch Belmera Medan City
Authors: Halimatussa'diah
metadata.dc.contributor.advisor: Batubara, Bebby Mashito
Simamora, Beltahmamero
Keywords: Efektivitas;Pelayanan;Jalan Tol;Effectiveness;Services;Toll Road
Issue Date: 2-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188520034
Abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian skripsi ini adalah adanya jalan Tol yaitu jalan bebas hambatan yang bertujuan untuk mempercepat aksebilitas dari satu wilayah ke wilayah lainnya, akan tetapi adanya kemacetan yang terjadi di pintu masuk dan keluar tol gerbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas jalan tol yang dikelola PT. Jasamarga Cabang Belmera. Jenis penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data nya melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, dan Triangulasi data. Teori yang digunakan Menurut Gibson dalam Makmur (2008: 125) yaitu indikator efektivitas pelayanan seperti Produktivitas, Efisiensi, Fleksibilitas, Keunggulan, Pengembangan, Kepuasan. Dalam penelitian terkait Efektivitas Pelayanan Pengguna Jalan Tol PT. Jasamarga Cabang Belmera, maka penulis menyimpulkan bahwa Jalan Tol Belmera kota Medan dapat dikatakan Efektif. Dapat dilihat sudah terpenuhi dan target sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan, Faktor pendukung yang dapat memperngaruhi proses pelayanan yang diberikan oleh pengelola Jalan Tol PT. Jasamarga Belmera ini kepada para pengguna jalan tol adalah Sumber Saya Manusia, Sarana dan Prasarana Teknologi yang memadai, dan tarif yang lebih terjangkau murah. Adapun faktor penghambat yang dapat memperngaruhi pelayanan yang diberikan oleh pengelola Jalan Tol PT. Jasamarga Belmera ini kepada pengguna nya adalah Kesalahan pengguna itu sendiri, dan Masalah gangguan teknis The background of the problem in this thesis research is the existence of a toll road, namely a freeway that aims to accelerate accessibility from one area to another, but there are congestions that occur at the entrance and exit of the toll gate. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the toll roads managed by PT. Jasamarga Belmera Branch. This type of research uses a qualitative descriptive method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation, and data triangulation. The theory used according to Gibson in Makmur (2008: 125) is an indicator of service effectiveness such as Productivity, Efficiency, Flexibility, Excellence, Development, Satisfaction. In research related to the Effectiveness of Toll Road User Services PT. Jasamarga Belmera Branch, the writer concludes that the Belmera Toll Road in the city of Medan can be said to be effective. It can be seen that the targets have been met and the targets are in accordance with what is expected. The supporting factors that can affect the service process provided by the PT. This Jasamarga Belmera to toll road users is My Human Resources, adequate Technology Facilities and Infrastructure, and cheaper rates. The inhibiting factors that can affect the services provided by the PT. Jasamarga Belmera to its users is the user's own fault, and technical problems.
Description: 72 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18192
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188520034 - Halimatussa'diah - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V Bibliography3.36 MBAdobe PDFView/Open
188520034 - Halimatussa'diah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV2.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.