Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18274
Title: Strategi dalam Meningkatkan Penjualan pada Sektor Wirausaha Tani Pisang Barangan di Kec. Leuser
Other Titles: Strategies to Increase Sales in the Entrepreneurial Sector of Banana Farmers in the District. Leuser
Authors: Togatorop, Edi Saputra
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Dahrul
Keywords: product;price;place;promotion;peningkatan penjualan;product;price;place;promotion;sales increase
Issue Date: 28-Jul-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320340
Abstract: Aceh Tenggara merupakan salah satu penghasil pisang barangan di Indonesia. Dalam pengembangan komoditi buah-buahan pisang antara sektor pertanian dan sektor industri, terutama di Kecamatan Leuser masih lemah, sehingga sebagian terbesar komoditi pisang dipasarkan sebagai produk primer. Untuk lebih memperkuat keterkaitan antar sektor tersebut diperlukan kerjasama inter-sektoral yang lebih aktif dalam mengembangkan komoditi pisang, penyediaan teknologi budidaya dan agroindustri pisang yang mampu menyediakan alternatif produk sekunder dan tersier dari komoditi pisang, dan kebijakan pemerintah yang lebih terarah. Ada juga kendala lain seperti kekurangan produksi pisang barangan sedangkan produksi konsumsi tetap meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti harga jual pisang yang relatif murah dan petani pada umumnya belum menerapkan praktek budidaya yang baik dan serangan penyakit layu masih relatif tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan penjualan pada sector wirausaha tani pisang barangan di kecamatan Leuser. Dalam hal ini produk (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4) dan peningkatan penjualan (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji normalitas, uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-f), dan goodness of fit (R2). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Peneliti menggunakan 70 orang responden sebagai sampel. Hasil analisis data dengan menggunakan metode linier berganda menunjukkan bahwa product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y) pada sektor wirausaha petani pisang barangan di Kecamatan Leuser dengan koefisien regresi X1 adalah 0.429, X2 adalah 0,333, X3 adalah 0,191 dan X4 adalah 0,218. Pengujian Fhitung diperoleh sebesar 113.627 lebih besar dari nilai Ftabel 2.505. Hasil uji Thitung menunjukkan bahwa nilai produk (4.950), price (3.685), place (2.069), promotion (2.012) mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan penjualan. Saran peneliti adalah perlu adanya peningkatan dalam penerapan strategi, adanya system baru dalam produk dan kualitas, serta mempertimbangkan unsur-unsur bauran pemasaran lainnya agar dapat mencapai tujuan wirausahawan dengan maksimal. Southeast Aceh is one of the producers of barangan bananas in Indonesia. In the development of banana fruit commodities between the agricultural sector and the industrial sector, especially in Leuser District, is still weak. So most of the banana commodities are marketed as primary products. More active inter-sectoral cooperation in developing banana commodities, providing banana cultivation and agro-industry technology that is able to provide alternative secondary and tertiary products from banana commodities, and more targeted government policies. increase in population. This is usually caused by many factors such as the selling price of bananas which are relatively cheap and farmers in general have not implemented good cultivation and wilt disease attacks are still relatively high. This study aims to determine strategies i in increasing sales in the agricultural sector of Barangan banana farmers in Leuser sub-district. In this case the product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4) and increased sales (Y). The research method used is multiple linear regression analysis method using normality test, partial test (t-test), simultaneous test (f-test), and goodness of fit (R2). The data used are primary and secondary data. The study used 70 respondents as a sample. The results of data analysis using multiple linear methods showed that product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4) had a positive influence. and significant increase in sales (Y) in the entrepreneurial sector of Barangan banana farmers in Leuser District with a regression coefficient of X1 is 0.429, X2 is 0.333, X3 is 0.191 and X4 is 0.218. The Fcount test obtained is 113,627 which is greater than the Ftable value of 2,505. T-test results show that product value (4.950), price (3.685), place (2.069), promotion (2.012) have a positive influence on increasing sales. As well as considering other elements of the marketing mix in order to achieve the entrepreneur's goals to the fullest.
Description: 84 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18274
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320340 - Edi Saputra Togatorop - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.65 MBAdobe PDFView/Open
178320340 - Edi Saputra Togatorop - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV743.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.