Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18290
Title: Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas pada Konsumen Smartphone Samsung di PT. Nusa Abadi Sukses Artha
Other Titles: The Effect of Consumer Satisfaction with Loyaltyon Samsung Smartphone Consumers at PT. Nusa Abadi Success Arta
Authors: Rezwy, Kiki Afrylianty
Keywords: loyalitas;kepuasan;konsumen;loyalty;satisfaction;consumer
Issue Date: 5-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;208600010
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris Pengaruh Antara Kepuasan konsumen terhadap Loyalitas Pada Konsumen Smartphone Samsung di PT. Nusa Abadi Sukses Arta. Penelitian ini mengacu pada metode kuantitalif dengan analisis korelasional.Sampel penelitian sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan incidental sampling adalah teknik pencntuan sampel berdasarkan kebctulan yaitu siapa saja yang secara incidentalbertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Dalam menentukan hasil penelitian ini, maka digunakan metodologi pengumpulan data dengan menggunakan skala kepuasan konsumen. Skala kepuasan kansumen disusun berdasarkan aspek kcpuasan konsumen menurut Manurung(2009): Expectations,Performance. Comparison.dan Confirmation. Selanjutnya loyalitas disusun berdasarkan aspck mcnurut Fardani (2015) adalah sebagai berikut: Repeat Purchasc,yaitu kesetiaan terhadap pembelian produk, Retention, yaitu ketahanan terhadap pengaruh yang negatif mengcnai perusahaan. Referalls,yaitn mercferensikan secara total esistensi perusahaan. Kedua skala diatas menggunakan skala Likert dengan 4 Pilihan Jawaban. Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi product moment, dapat diketahui balıwa terdapat pengaruh positif antara Kepuasan konsumen dengan Loyalitas konsumen Diasumsikan semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi loyalitas, sebaliknya semakin rendah kepuasan konsumen maka semakin rendah loyalitas. Hasil ini dibuktikan dengan kocfisien korelasi rxy = 0,990, dengan Signifikan p = 0.000 < 0,05. Artinya hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. Koefisien determinan (r2) dari pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat adalah r2= 0,979. Ini menunjukkan bahwu Kepuasan konsumen berdistribusi sebesar 97,90% terhadap Loyalitas konsumen. This study aims to determine and analyze empirically the Effect of Consumer Satisfaction with Loyalty on Samsung Smartphone Consumers at PT. Nusa Abadl Success Arta. This study refers io quantitative methods with correlational analysis. The research sample was 45 people. The sampling technique in this study using incidental sampling is a sampling technique based on chance, that is, anyone who incidentally meets the researcher can be used as a sample. The customer satisfaction seale is based on aspects ofcustomer satisfaction according to Manurung (2009): Expectations, Performance,Comparison, and Confirmation. Furthermore, loyalty is arranged based on aspects according to Fardani (2015) as follows: Repeat Purchase, namely loyalty to product purchases, Retention, namely resistance to negative influences regarding the company, Referalls, which refers to the total existence of the company. The two scales above use a Likert scale with 4 answer choices. Based on the calculation results ofproducf moment correlation analysis, it can be seen that there is a positive influence between consumer satisfaction and consumer loyalty. It is assumed that the higher the customer satisfaction, the higher the loyalty, on the other hand, the lower the customer satisfaction, the lower the loyalty. This result is evidenced by the correlation coefficient rxy - 0.990, with significant p = 0.000 <0.05. This means that the proposed hypothesis is accepted. The determinant coefficient (r2) ofthe influence between the independent variable and the dependent variable is r2= 0.979. This shows that consumer satisfaction is distributed 97.90% of consumer loyalty.
Description: 55 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18290
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208600010 - Kiki Afrylianty Rezwy - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.65 MBAdobe PDFView/Open
208600010 - Kiki Afrylianty Rezwy - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV301.58 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.