Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18490
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasanah, Cut-
dc.date.accessioned2022-11-23T07:15:45Z-
dc.date.available2022-11-23T07:15:45Z-
dc.date.issued2022-09-28-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18490-
dc.description140 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-esteem dengan selfdisclosure pada generasi Z yang menggunakan media social Instagram, dimana yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menggunakan media social Instagram di wilayah Aceh dan Sumatera Utara yang termasuk ke following peneliti. Self-esteem dengan self-disclosure pada generasi Z yang menggunakan media social Instagram dalam penelitian ini diungkap dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi-Product Moment, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-esteem dengan selfdisclosure pada generasi Z yang menggunakan media social Instagram. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,762 ; P = 0,096 > 0,05. 2) selfesteem yang dimiliki generasi Z mempengaruhi atau menekankan munculnya selfdisclosure pada generasi Z yang menggunakan media social Instagram sebesar 54,4%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 45,6 % dari faktor lain terhadap self-disclosure pada generasi Z yang menggunakan media social Instagram, dimana faktor-faktor tersebut dalam penelitian ini tidak terlihat, diantaranya adalah faktor dari konsep diri, kesadaran diri, topik percakapan, jenis kelamin dan lain sebagainya. 3) Bahwa generasi Z yang menggunakan media social Instagram memiliki self-esteem yang tinggi (mean empirik = 86,11 > mean hipotetik ,70 dimana selisih kedua mean melebihi bilangan SD = 10,306) dan selfdisclosure pada generasi Z yang menggunakan media social Instagram tergolong sedang (mean empirik = 90,30 > mean hipotetik = 70 dimana selisih kedua mean tersebut melebihi bilangan SD = 13,666). Dari hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. This study aims to see the relationship between self-esteem with self-disclosure in generation Z who use social media Instagram , where the subject of this research is Generation Z who use social media Instagram in the Aceh and North Sumatra regions, including : to following researchers . Self-esteem with selfdisclosure in generation Z who use social media Instagram in this study was revealed using a Likert scale. The data analysis method used in this study is Correlation-Product Moment, so the following results are obtained: 1) There is a significant positive relationship between self-esteem and self-disclosure in Generation Z who use social media Instagram. This result is evidenced by the correlation coefficient rxy = 0.762 ; P = 0.096 > 0.05. 2) The self-esteem of Generation Z influences or emphasizes the emergence of self-disclosure in Generation Z who use social media Instagram as much as 54.4% . From these results it is known that there are still 45.6 % of other factors on the selfdisclosure in generation Z who use social media Instagram, where these factors in this study are not visible, including factors from the concept of self , awareness self , topic conversation , type gender and so on . 3) That generation Z who use social media Instagram has high selfesteem (empirical mean = 86.11 > hypothetical mean, 70 where the difference h between the two means exceeds SD = 10.306 ) and self-disclosure in Generation Z who uses social media Instagram is classified as moderate (empirical mean = 90.30 > hypothetical mean = 70 where the difference between the two means exceeds SD = 13,666 ). From the results of this study, the proposed hypothesis is accepted.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseries;188600044-
dc.subjectself esteemen_US
dc.subjectself disclosureen_US
dc.subjectmedia social instagramen_US
dc.subjectsocial media instagramen_US
dc.titleHubungan Antara Self-Esteem Dengan Self-Disclousure Pada Generasi Z yang Menggunakan Media Sosial Instagramen_US
dc.title.alternativeThe Relationship Between Self-Esteem and Self-Disclosure in Generation Z who Use Instagram Social Mediaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600044 - Cut Hasanah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV625.68 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
188600044 - Cut Hasanah - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.