Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18537
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Siti Annisa Syafira-
dc.date.accessioned2022-11-28T02:45:07Z-
dc.date.available2022-11-28T02:45:07Z-
dc.date.issued2022-09-27-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18537-
dc.description58 Halamanen_US
dc.description.abstractKecanduan game online adalah remaja yang bermain game online dengan durasi waktu bermain 3-4 jam dalam sehari dan tidak dapat membagi waktu untuk hal lain. Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang untuk menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca situasi dan jaringan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana hubungan antara kecanduan game online dengan keterampialn sosial pada remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 126 orang siswa SMP Rahmat Silamiyah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan model skala likert melalui dua variabel, yaitu kecanduan game online dan keterampilan sosial. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online memiliki hubungan negatif yang signifikan dengan keterampilan sosial siswa SMP Swasta Rahmat Islamiyah. Hasil uji linearitas dengan perolehan F beda sebesar -69,778 dengan nilai P beda sebesar 0,000 < 0,05 serta hasil analisa korelas R product moment dengan perolehan nilai koefisien Rxy sebesar 0,589 dan P sebesar 0,000 < 0,01 yang juga menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka keterampilan sosial akan semakin rendah. Kecanduan game online memiliki kontribusi terhadap keterampilan sosial sebesar 34,7% yang ditunjukkan dari nilai koefisien determinan (R2) sebesar 0,347. Kecanduan game online pada siswa SMP Swasta Rahmat Islamiyah masuk dalam kategori tinggi dan keterampilan sosial pada siswa SMP Swasta Rahmat Islamiyah masuk dalam kategori rendah. Online game addiction is a teenager who plays online games with a duration of 3- 4 hours of playing time a day and can't allocate time for other things. Social skills are a person's ability to handle emotions well when dealing with other people and to carefully read situations and social networks. This study aims to determine the relationship between online game addiction and social skills in junior high school (SMP) adolescents. The sample to be used in this study amounted to 126 students of SMP Rahmat Silamiyah. Data were collected using a Likert scale model through two variables, namely online game addiction and social skills. Data analysis used product moment correlation technique. The results of this study indicate that online game addiction has a significant negative relationship with the social skills of Rahmat Islamiyah Private Junior High School students. The results of the linearity test with the acquisition of a different F of -69,778 with a different P value of 0.000 < 0.05 and the results of the R product moment correlation analysis with the acquisition of an Rxy coefficient of 0.589 and P of 0.00 < 0.01 which also indicates that the higher the level of addiction online games, social skills will be lower. Online game addiction has a contribution to social skills of 34.7%, which is indicated by the value of the determinant coefficient (R2) of 0.347. Addiction to online games in Rahmat Islamiyah Private Junior High School students is in the high category and social skills in Rahmat Islamiyah Private Junior High School students are in the low category.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;158600321-
dc.subjectsiswaen_US
dc.subjectkecanduan game onlineen_US
dc.subjectketerampilan sosialen_US
dc.subjectstudentsen_US
dc.subjectonline game addictionen_US
dc.subjectsocial skillsen_US
dc.titleHubungan antara Kecanduan Game Online dengan Keterampilan Sosial pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Rahmat Islamiyahen_US
dc.title.alternativeCorrelation Between Online Game Addiction and Social Skills in Adolescents in Rahmat Islamiyah Junior High Schoolen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158600321 - Siti Annisa Syafira Lubis - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.1 MBAdobe PDFView/Open
158600321 - Siti Annisa Syafira Lubis - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV356.39 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.