Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18849
Title: Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata dan Perhotelan yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2020
Other Titles: The Effect of Sales Growth, Profitability, Asset Structure, and Company Size on Capital Structure in Tourism and Hospitality Sub-Sector Companies Listed on the IDX in 2016-2020
Authors: Zandroto, Merlin Indah Cahyani
Keywords: pertumbuhan penjualan;profitabilitas;struktur aktiva;ukuran perusahaan;struktur modal;sales growth;profitability;asset structure;company size;capital structure
Issue Date: 30-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188320206
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata dan Perhotelan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2020''. Populasi pada penelitian ini seluruh Perusahaan Pariwisata dan Perhotelan Yang Terdaftar di Bursa Efek sebanyak 35 perusahaan dan sampel dari penelitian sebanyak 12 perusahaan dengan 5 tahun pengamatan berjumlah 60 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R²) menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan mampu menjelaskan variabel struktur modal sebesar 44,6% sedangkan sisanya sebesar 55,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian. This study aims to determine "The Effect of Sales Growth, Profitability, Asset Structure, and Company Size on Capital Structure in Tourism and Hospitality Sub-Sector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020". The effect is 35 companies and the sample from the study is 12 companies with 5 years of observation totaling 60 samples. The data collection technique used in this research is documentation. The analysis technique used in this research is Statistic Analysis, classical assumption test using normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and autocorrelation test, hypothesis test using partial test and simultaneous test and coefficient of determination test. The results showed that sales growth and profitability had no significant effect on capital structure. Meanwhile, asset structure and firm size have a significant effect on capital structure. The results of the coefficient of determination (Adjusted R²) show that the variables of sales growth, profitability, asset structure, and firm size are able to explain the capital structure variable by 44,6% while the remaining 55,4% is explained by other variables outside the study.
Description: 64 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18849
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188320206 - Merlin Indah Cahyani Zandroto - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.38 MBAdobe PDFView/Open
188320206 - Merlin Indah Cahyani Zandroto - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV511.08 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.