Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19082
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYuliani, Sri-
dc.date.accessioned2023-01-24T03:03:55Z-
dc.date.available2023-01-24T03:03:55Z-
dc.date.issued2022-07-21-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/19082-
dc.description89 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konsep diri dengan penerimaan diri pada remaja panti asuhan Puteri Aisyiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja panti yang berusia 12-17 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu teknik yang jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, maka sampel penelitiannya berjumlah 42 remaja. Teknik pengambilan data menggunakan skala likert. Berdasarkan perhitungan analisis product moment dengan nilai koefisien (rxy) 0,892 dengan p= 0,000 < 0,050. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian “diterima”, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan penerimaan diri pada remaja panti asuhan, yang menunjukkan semakin positif konsep diri maka semakin tinggi penerimaan diri, demikian sebaliknya semakin negatif konsep diri maka semakin rendah penerimaan diri. Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut adalah sebesar r₂ = 0,795 artinya konsep diri berkontribusi terhadap penerimaan diri sebesar 79,5% sedangkan sisanya ditentukan oleh aspek lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Konsep diri dalam penelitian ini tergolong positif karena (mean hipotetik = 110 < mean empirik = 149,52), sedangkan penerimaan diri dalam penelitian ini tergolong tinggi karena (mean hipotetik = 92,5 < mean empirik = 6122,48). This study aims to see the correlation between self-concept and self-acceptance in adolescents at the Puteri Aisyiyah orphanage. This study uses a quantitative approach. The subjects in this study were orphanage adolescents aged 12-17 years. The sampling technique in this study used total sampling, which is a technique where the number of samples is the same as the total population, so the research sample amounted to 42 adolescents. The data collection technique used a Likert scale. Based on the calculation of product moment analysis with a coefficient value (rxy) of 0.892 with p = 0.000 < 0.050. These results indicate that the hypothesis in the research is "accepted", there is a positive and significant correlation between self-concept and self-acceptance in orphanage adolescents, which shows the more positive the self-concept, the higher the self-acceptance, and vice versa, the more negative the self-concept, the lower the acceptance. self. The coefficient of determination of the correlation is r₂ = 0.795, meaning that self-concept contributes to self-acceptance by 79.5% while the rest is determined by other aspects not examined in this study. The self-concept in this study is positive because (hypothetical mean = 110 < empirical mean = 149.52), while self-acceptance in this study is high because (hypothetical mean = 92.5 < empirical mean = 6122.48).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178600176-
dc.subjectkonsep dirien_US
dc.subjectpenerimaan dirien_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectself-concepten_US
dc.subjectself-acceptanceen_US
dc.subjectadolescentsen_US
dc.titleHubungan Antara Konsep Diri dengan Penerimaan Diri Remaja di Panti Asuhan Puteri Aisyiyahen_US
dc.title.alternativeThe Relationship Between Self-Concept and Adolescent Self-Acceptance at the Puteri Aisyiyah Orphanageen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178600176 - Sri Yuliani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.63 MBAdobe PDFView/Open
178600176 - Sri Yuliani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV579.29 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.