Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19153
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSoleha, Suci-
dc.date.accessioned2023-01-27T02:12:01Z-
dc.date.available2023-01-27T02:12:01Z-
dc.date.issued2022-10-07-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19153-
dc.description177 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self esteem dan kecerdasan intelektual terhadap resiliensi belajar siswa. Populasi berjumlah 120 siswa dan sampel berjumlah 60 diambil menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari self esteem terhadap resiliensi belajar siswa, dimana koefisien rx1y = 0.539 dengan p = 0.000, hal ini berarti semakin baik self esteem maka semakin baik resiliensi belajar. Koefisien r kuadrat self esteem dengan variabel terikat resiliensi belajar adalah sebesar r2 = 0.439. Ini menunjukkan bahwa resiliensi belajar dibentuk oleh self esteem dengan kontribusi sebesar 32.30.%. Variabel kecerdasan intlektual berpengaruh positif yang signifikan terhadap resiliensi belajar dimana koefisien rx2y = 0.290 dengan p = 0.000, hal ini berarti semakin baik kecerdasan intelektual maka semakin baik resiliensi belajar. Koefisien r kuadrat kecerdasan intelektual terhadap variabel terikat resiliensi belajar adalah sebesar r2 = 0.401. Ini menunjukkan bahwa resiliensi belajar dibentuk oleh kecerdasan intelektual sebesar 11.60%. Variabel self esteem dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif yang signifikan secara simulation terhadap resiliensi belajar dimana koefisien r = 0.439; dengan p = 0.000 berarti p < 0,010. Koefisien determinan (r2) dari pengaruh self esteem, dan kecerdasan intelektual terhadap resiliensi belajar adalah sebesar r2 = 0.439. Ini menunjukkan bahwa resiliensi dibentuk oleh self etsteem dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama dengan kontribusi sebesar 43.90%. This research uses quantitative methods. The purpose of this study was to determine the effect of self-esteem and intellectual intelligence on student learning resilience. The population is 120 students and a sample of 60 is taken using random sampling technique. The results showed that there was a significant positive effect of self-esteem on student learning resilience, where the coefficient rx1y = 0.539 with p = 0.000, this means the better self-esteem, the better learning resilience. The coefficient of r squared self-esteem with the dependent variable learning resilience is r2 = 0.439. This shows that learning resilience is formed by self-esteem with a contribution of 32.30%. The intellectual intelligence variable has a significant positive effect on learning resilience where the coefficient rx2y = 0.290 with p = 0.000, this means that the better intellectual intelligence, the better learning resilience. The r-squared coefficient of intellectual intelligence on the dependent variable of learning resilience is r2 = 0.401. This shows that learning resilience is formed by intellectual intelligence of 11.60%. The variables of selfesteem and intellectual intelligence have a significant positive effect in simulation on learning resilience where the coefficient r = 0.439; with p = 0.000 means p < 0.010. The determinant coefficient (r2) of the influence of self-esteem and intellectual intelligence on learning resilience is r2 = 0.439. This shows that resilience is formed by self etsteem and intellectual intelligence together with a contribution of 43.90%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;191804076-
dc.subjectresiliensi belajaren_US
dc.subjectself esteemen_US
dc.subjectkecerdasan intelektualen_US
dc.subjectlearning resilienceen_US
dc.subjectself-esteemen_US
dc.subjectintellectual intelligenceen_US
dc.titlePengaruh Self Esteem dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Resiliensi Belajar Siswa MAN 1 Deli Serdangen_US
dc.title.alternativeThe Effect of Self Esteem and Intellectual Intelligence on Student Learning Resilience at MAN 1 Deli Serdangen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191804076 - Suci Soleha - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.07 MBAdobe PDFView/Open
191804076 - Suci Soleha - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV474.4 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.