Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19193
Title: Kualitas Pelayanan Publik E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Gayo Lues
Other Titles: Quality of Public Service E-KTP at the Department of Population and Civil Registration (DISDUKCAPIL) Gayo Lues Regency
Authors: Duri, Rafika
Keywords: kualitas;pelayanan publik;e ktp;public service;quality
Issue Date: 21-Jul-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;201801003
Abstract: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Gayo Lues adalah salah satu instansi pemerintahan yang bertugas untuk menyelenggarakan pelayanan publik salah satunya yaitu pelayanan publik E-KTP. Dalam penyelenggaraan pelayanan publik E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Gayo Lues terdapat beberapa permasalahan yang dalam pelayanan sehingga mengakibatkan pelayanan kurang maksimal, diantaranya kurangnya anggaran dalam penyelenggaraan pelayanan publik E-KTP, dan saranan dan prasarana belum memadai, serta sering terjadinya kerusakan pada alat perekaman E-KTP serta masalah pada jaringan sehingga pelayanan publik E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Gayo Lues menjadi tidak efektif. Berdasarkan hal tersebut serta rumusan masalah yaitu, pertama bagaimana kualitas pelayanan publik E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gayo Lues, dan kedua faktor-faktor apa saja yang menghambat pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gayo Lues. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriftif dengan pendekatan kualitatif dengan instrument pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan deskriftif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik E-KTP yang mengacu pada teori Zeithaml dari dimensi tangible (bukti fisik/sarana prasarana), realibility (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati) menunjukkan, kualitas pelayanan publik E-KTP di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Gayo Lues sudah berjalan namun masih kurang baik atau masih kurang maksimal. Faktor penghambat pelayanan publik E-KTP di Disdukcapil antara lain, sumber daya menusia yang kurang memadai, sumber daya finansial yang masih terbatas, saranan dan prasarana yang kurang memadai, dan komitmen pegawai yang masih kurang. Sedangkan rekomendasi penelitian ini yaitu: untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik E-KTP Disdukcapil harus meningkatkan sarana prasarana, penempatan pegawai yang sesuai dengan kompetensi, peningkatan disiplin pegawai, dan dalam pelayanan tidak boleh adanya diskriminasi serta lebih memprioritaskan pengguna layanan/masyarakat
Description: 98 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19193
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201801003 - Rafika Duri - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV748.9 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
201801003 - Rafika Duri - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography861.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.