Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19272
Title: Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Coffee Shop Di Kecamatan Medan Baru
Other Titles: Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Coffee Shop Di Kecamatan Medan Baru
Authors: Erza, Ryan Dwi
Keywords: kompetensi kewirausahaan;inovasi produk;keunggulan bersaing;product innovation;competitive advantage
Issue Date: 4-Oct-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320281
Abstract: Keunggulan bersaing yang telah tercapai oleh pelaku UMKM Coffee shop yang telah berhasil meningkatkan daya saingnya dalam pasar biasanya tercermin dari penjualannya yang meningkat dimana pertumbuhan penjualan merupakan indikator untuk mengukur kinerja pemasaran dalam suatu usaha. Selain itu faktor inovasi produk merupakan sangat penting dalam keunggulan bersaing dikarenakan dalam konsep yang luas sebenarnya tidak hanya terbatas pada produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Coffee shop Di Kecamatan Medan Baru”. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Coffee shop Di Kecamatan Medan Baru”. sebanyak 45 pelaku usaha. Penilitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 responden diambil dari seluruh populasi. Berdasarkan hasil uji t dan uji F baik secara parsial maupun simultan Kompetensi Kewirausahaan dan Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaiang. Hasil menunjukkan bahwa sebesar 70,7% keunggulan bersaing (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh kompetensi kewirausahaan dan inovasi produk. Sisanya sebesar 29,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. The competitive advantage that has been achieved by MSME Coffee shop actors who have succeeded in increasing their competitiveness in the market is usually reflected in increased sales where sales growth is an indicator to measure marketing performance in a business. In addition, the product innovation factor is very important in competitive advantage because in a broad concept it is not only limited to the product. This study aims to determine "The Influence of Entrepreneurial Competence and Product Innovation on Competitive Advantage in MSME Coffee Shops in Medan Baru District". This type of research is associative, which is a research that is asking the relationship between two variables. The population in this study is the MSME Coffee shop in the District of Medan Baru”. as many as 45 entrepreneurs. This research uses a saturated sample technique, so the number of samples in this study as many as 45 respondents were taken from the entire population. Based on the results of the t test and F test, both partially and simultaneously Entrepreneurship Competence and Product Innovation have a positive and significant effect on the competitive advantage variable. The results show that 70.7% of competitive advantage (the dependent variable) can be explained by entrepreneurial competence and product innovation. The remaining 29.9% is influenced by other factors not explained in this study.
Description: 76 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/19272
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320281 - Ryan Dwi Erza - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV650.26 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320281 - Ryan Dwi Erza - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.