Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19636
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAziz, Azhar-
dc.contributor.authorSihombing, Ingrid Firja Balinda-
dc.date.accessioned2023-03-20T04:49:03Z-
dc.date.available2023-03-20T04:49:03Z-
dc.date.issued2022-10-21-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19636-
dc.description114 Halamanen_US
dc.description.abstractSalah satu strategi pemasaran yang harus pengusaha pahami yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dikarenakan keputusan pembelian konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terdapat empat faktor psikologis yang menjadi dimensinya yaitu motivasi, persepsi, belajar dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Sun Supermarket Medan. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu tipe penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Sun Supermarket yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Accidental Random Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan berjumlah 100 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala keputusan pembelian konsumen yang terdiri dari 40 item. Berdasarkan analisis faktor didapatkan bahwa kontribusi faktor motivasi konsumen sebesar 28%, faktor persepsi konsumen sebesar 25%, faktor pembelajaran konsumen sebesar 24% dan faktor sikap sebesar 23%. Ini menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan adalah faktor motivasi konsumen. One of the marketing strategies that must be understood is the factors that influence consumer purchasing decisions. Because consumer purchasing decisions are very important things to pay attention to. There are four psychological factors that become the dimensions, such as motivation, perception, learning and attitude. This study aims to determine how big the contribution of the factors that influence consumer purchasing decisions at Sun Supermarket Medan. The type of research used in this research is quantitative method. The population in this study are consumers who shop at Sun Supermarket which is not known with certainty. The sampling method in this study is using the Accidental Random Sampling method, which is a sampling technique based on chance to find 100 people. The measuring instrument used is a consumer purchasing decision scale consisting of 40 items. Based on the factor analysis, it was found that the contribution of the consumer motivation factor was 28%, the consumer perception factor was 25%, the consumer learning factor was 24% and the attitude factor was 23%. This shows that the most dominant factor is the consumer motivation factor.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188600123-
dc.subjectpurchase decisionen_US
dc.subjectkeputusan pembelianen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Sun Supermarket Medanen_US
dc.title.alternativeAnalysis of Factors Influencing Decisions Consumer Purchases at Sun Supermarket Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600123 - Ingrid Firja balinda Sihombing - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.34 MBAdobe PDFView/Open
188600123 - Ingrid Firja balinda Sihombing - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV574.71 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.