Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19640
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIstiana-
dc.contributor.authorMaulidiana, Nikita-
dc.date.accessioned2023-03-21T11:11:18Z-
dc.date.available2023-03-21T11:11:18Z-
dc.date.issued2023-01-03-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19640-
dc.description116 Halamanen_US
dc.description.abstractFenomena yang ditemukan peneliti terhadap siswa-siswi SMP Negeri 9 Binjai merupakan bentuk kecerdasan emosi yang rendah, yang mana hal tersebut dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa-Siswi SMP Negeri 9 Binjai”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosional pada siswa- siswa SMP Negeri 9 Binjai. Sampel penelitian ini adalah 64 orang siswa- siswi SMP Negeri 9 Binjai yang mendapatkan pola asuh otoriter berdasarkan hasil tes screening, adapun teknik yang digunakan untuk mendapatkan sample dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala pola asuh otoriter dan skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,648 dengan nilai signifikansi p = 0,000 berarti p < 0,05 artinya ada hubungan negatif antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosional. Dengan hasil tersebut, hipotesis dalam penelitian ini yaitu semakin rendah pola asuh otoriter maka semakin tinggi kecerdasan emosional pada remaja, sebaliknya semakin tinggi pola asuh ototriter maka semakin rendah kecerdasan emosionalnya maka hipotesis dapat diterima. Adapun sumbangan efektif dari pola asuh otoriter mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 42%. Berdasarkan perbandingan kedua nilai rata-rata (hipotetik dan empirik), maka dapat dinyatakan pola asuh otoriter tergolong sedang sebab nilai rata-rata hipotetik 100 dari nilai rata-rata empirik 106,41 dan kecerdasan emosional juga tergolong rendah sebab nilai rata- rata hipotetik 90 dari nilai rata-rata empirik 67,70. The phenomenon that was found by researchers towards students of SMP Negeri 9 Binjai was a form of low emotional intelligence, which was influenced by parenting styles. Therefore, researchers are interested in conducting research with the title "The Influence of Authoritarian Parenting Parents on the Emotional Intelligence of Students of SMP Negeri 9 Binjai". This study aims to determine the effect of authoritarian parenting and emotional intelligence on students of SMP Negeri 9 Binjai. The sample of this study were 64 students of SMP Negeri 9 Binjai who received authoritarian parenting based on the results of the screening test, while the technique used to obtain the sample was purposive sampling technique. The research instrument uses an authoritarian parenting scale and an emotional intelligence scale. The data analysis technique used is product moment correlation from Karl Pearson. The results of this study indicate a correlation coefficient rxy = -0.648 with a significance value of p = 0.000 meaning p <0.05 meaning that there is a negative relationship between authoritarian parenting and emotional intelligence. With these results, the hypothesis in this study is that the lower the authoritarian parenting style, the higher the emotional intelligence in adolescents, conversely the higher the authoritarian parenting style, the lower the emotional intelligence, the hypothesis can be accepted. The effective contribution of authoritarian parenting influences emotional intelligence by 42%. Based on a comparison of the two average values (hypothetical and empirical), it can be stated that authoritarian parenting is classified as moderate because the average hypothetical value is 100 out of the empirical average value of 106.41 and emotional intelligence is also relatively low because the average hypothetical value is 90 of the empirical average value of 67.70.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188600318-
dc.subjectpola asuhen_US
dc.subjectpola asuh otoriteren_US
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.subjectparentingen_US
dc.subjectauthoritarian parentingen_US
dc.subjectemotional intelligenceen_US
dc.titlePengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa-Siswi SMP Negeri 9 Binjaien_US
dc.title.alternativeThe Influence of Authoritarian Parenting Patterns of Parents on the Emotional Intelligence of Students of SMP Negeri 9 Binjaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600318 - Nikita Maulidiana - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.64 MBAdobe PDFView/Open
188600318 - Nikita Maulidiana - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV423.03 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.