Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19684
Title: Studi Indentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulsive Buying Pada Konsumen Di Premium Coffe Shop Taxengon
Other Titles: Study of Identification of Factors Influencing Impulsive Buying on Consumers at Premium Coffee Shop Taxengon
Authors: Hidayana, Mesi
metadata.dc.contributor.advisor: Maryono
Keywords: impulsive buying;konsumen;consumers
Issue Date: 13-Dec-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600228
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying pada Konsumen Di Premium Coffee Shop Takengon. Impulsive buying adalah perilaku yang dilakukan secara tidak sengaja dan kemungkinan besar melibatkan berbagai macam motif yang tidak disadari, serta dibarengi oleh respon emosional yang kuat. Impulsive buying dalam penelitian ini adalah melihat faktor apa saja yang mempengaruhi pengunjung coffee shop melakukan pembelian tanpa di pikirkan terlebih dahulu dan spontan, seperti contoh datang ke suatu tempat bukan karna memang ingin datang, namun karna spontan menuju ke lokasi dan membeli produk secara cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan insidental sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang sampel. Dengan menggunakan 5 faktor yaitu, kondisi mood dan emosi konsumen, pengaruh lingkungan, kategori produk dan pengaruh toko, variabel demografis dan variable kepribadian. Teknik pengambilan data menggunakan skala impulsive buying dengan model skala Gutman. Analisis data menggunakan analisis uji faktorial. Dari kelima faktor perilaku impulsive buying, faktor yang memiliki pengaruhi paling besar adalah faktor kondisi mood & emosi konsumen dengan kontribusi sebesar 0,810 atau 29%, diposisi kedua ada faktor pengaruh lingkungan dengan kontribusi sebesar 0,767 atau 28%, posisi ketiga adalah variabel demografis dengan kontribusi sebesar 0,682 atau 25%, posisi keempat adalah variabel kepribadian dengan kontribusi sebesar 0.255 atau 9% dan yang paling rendah yaitu kategori produk dan pengaruh toko dengan kontribusi sebesar 0,254 atau 9%. This study aims to determine the factors that influence Impulsive Buying on Consumers at Premium Coffee Shop Takengon. Impulsive buying is behavior that is carried out unintentionally and is likely to involve a variety of unconscious motives, and is accompanied by a strong emotional response. Impulsive buying in this study is looking at what factors influence coffee shop visitors to make purchases without thinking beforehand and spontaneously, for example coming to a place not because they really want to come, but because they spontaneously go to a location and buy products quickly. This study uses a quantitative approach. The data collection technique uses incidental sampling, the sample in this study is 70 samples. By using 5 factors, namely, mood and emotional conditions of consumers, environmental influences, product categories and store influences, demographic variables and personality variables. The data collection technique uses an impulsive buying scale with the Gutman scale model. Data analysis using factorial test analysis. Of the five factors of impulsive buying behavior, the factor that has the greatest influence is the mood & emotional condition of consumers with a contribution of 0.810 or 29%, in the second position there is an environmental influence factor with a contribution of 0.767 or 28%, the third position is a demographic variable with a contribution of 0.682 or 25%, the fourth position is the personality variable with a contribution of 0.255 or 9% and the lowest is product category and shop influence with a contribution of 0.254 or 9%.
Description: 97 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19684
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600228 - Mesi Hidayana - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.87 MBAdobe PDFView/Open
168600228 - Mesi Hidayana - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV320.74 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.