Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19758
Title: Pola Komunikasi antara Driver Grab-Bike dan Penumpang di Kota Medan dalam membangun Image Positif Perusahaan
Other Titles: Patterns of Communication between Grab-Bike Drivers and Passengers in Medan City in building a Positive Company Image
Authors: Fazhrul, Muhammad Dimas
metadata.dc.contributor.advisor: Sahputra, Dedi
Auza, Ara
Keywords: pola komunikasi;driver grab;public relation;citra perusahaan;communication patterns;driver grab;public relation;corporate image
Issue Date: 24-Jan-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188530071
Abstract: Penelitian ini berjudul Pola komunikasi Antara Driver Grab dan Penumpang Di Kota Medan Dalam Membangun Image Positif Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait pola komunikasi driver grab di Kota Medan dengan penumpang dalam membangun image positif perusahaan dan mengetahui hambatan pola komunikasi driver grab di Kota Medan dengan penumpang dalam membangun image positif Perusahaan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola komunikasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima driver grab-bike dan lima penumpang grab-bike di Kota Medan. Dengan mengajukan pertanyaan pada setiap narasumber guna memenuhi kebutuhan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yakni sebuah riset yang dijalankan dengan intensif, terperinci dan mendalam. Hasil penelitian berdasarkan pada seluruh hasil wawancara secara mendalam kepada lima penumpang, peneliti mendapatkan data mengenai nilai-nilai dalam penerapan komunikasi pada penggunakan jasa Grab. Ungkapan dari penumpang merupakan data yang kemudian dianalisis dan diperkuat menggunakan pendapat ahli sehingga peneliti menemukan bahwa etika memiliki pengaruh besar dalam menentukan image positif dengan driver. Hasil penelitian menunjukkan untuk mengetahui pola komunikasi driver grab-bike dengan penumpang dalam membangun image positif di Kota Medan yaitu 1) pola komunikasi interpersonal (secara langsung) dan telekomunikasi (melalui aplikasi Grab) serta mematuhi etika dalam penerapan pola komunikasi tersebut, 2) terdapat kode etik yang ditetapkan oleh perusahaan grab sehingga menjadi pedoman bagi driver dalam menjalankan tugas dan memberi pelayanan bagi penumpang, 3) costumer care di aplikasi grab yang merupakan pengawasan dengan kepuasan pengguna jasa dan juga pengawasan kepada driver dengan kualitas layanan yang diberikan, secara teknis penumpang dapat memberikan rating berupa nilai kepuasan dari mulai bintang 1 (satu) hingga 5 (lima). Dari 5 penumpang hanya 1 penumpang yang dapat driver yang tidak komunikatif namun bukan berarti jadi suatu masalah yang besar dikarenakan penumpang memaklumin sikap driver yang berbeda namun penumpang hanya memberikan bintang 4 saja. This research is entitled Communication Patterns Between Grab Drivers and Passengers in Medan City in Building a Positive Company Image. This study aims to obtain information related to the communication patterns of grab drivers in Medan City with passengers in building a positive image of the company and to find out the barriers to communication patterns of grab drivers in Medan City with passengers in building a positive image of the company. The theories used in this study are the theory of communication patterns. The informants in this study consisted of five grab-bike drivers and five grab-bike passengers in the city of Medan. By asking questions to each resource person to meet the needs of this research. The research method used is qualitative research with the type of field research, namely a research carried out intensively, in detail and in depth. The results of the research are based on all the results of in-depth interviews with five passengers, the researchers obtained data regarding the values in the application of communication in using Grab services. Expressions from passengers constitute data which is then analyzed and strengthened using expert opinion so that researchers find that ethics has a major influence in determining a positive image with drivers. The results of the study show that to find out the communication patterns of grab-bike drivers with passengers in building a positive image in Medan City, namely 1) patterns of interpersonal communication (directly) and telecommunication (through the Grab application) and complying with ethics in implementing these communication patterns, 2) there is a code ethics set by the grab company so that it becomes a guideline for drivers in carrying out their duties and providing services to passengers, 3) customer care in the grab application which is supervision with service user satisfaction and also supervision of drivers with the quality of the services provided, technically passengers can provide rating in the form of a satisfaction value ranging from 1 (one) to 5 (five) stars. Of the 5 passengers, only 1 passenger got an uncommunicative driver, but that doesn't mean it's a big problem because passengers understand the attitude of drivers is different, but passengers only give 4 stars.
Description: 90 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19758
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188530071 - Muhammad Dimas Fazhrul - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.51 MBAdobe PDFView/Open
188530071 - Muhammad Dimas Fazhrul - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV294.45 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.