Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19884
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurba, Anna Wati Dewi-
dc.contributor.authorAzuhra, Liza-
dc.date.accessioned2023-05-26T07:36:59Z-
dc.date.available2023-05-26T07:36:59Z-
dc.date.issued2023-04-10-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19884-
dc.description89 Halamanen_US
dc.description.abstractPerilaku konsumtif adalah suatu tindakan atau perilaku dalam membeli dan menggunakan barang jasa secara berlebihan tanpa pertimbangan yang begitu matang dengan tujuan untuk memenuhi keinginan pribadi dan bukan untuk tujuan pemenuhan kebutuhan pokok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif dalam pengguna aplikasi shopee pada remaja perempuan di lingkungan Ⅸ kelurahan paya pasir. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja perempuan berjumlah 80 orang, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif yang diukur dengan menggunakan bentuk skala Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikasi korelasi p= 0,000>0,05, artinya ada hubungan negative antara antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif dalam pengguna aplikasi shopee pada remaja perempuan di lingkungan Ⅸ paya pasir dengan koefisien determinan (r2) sebesar 0,457 atau 46%. Consumtive behavioris an act or behavior in buying and using goods and services excessively without careful consideration with the aim of fulfilling personal desires and not for the purpose of fulfilling basic needs.This study aims to see the correlation between self-control and consumptive behavior in shopee application users among adolescent girls in the lingkungan Ⅸ kelurahan paya pasir. The population of this study was all 80 female adolescents, and the sample in this study amounted to 46 people, the sampling technique used purposive sampling. This research method used quantitative methods. Data collection used a selfcontrol scale and a consumptive behavior scale which is measured using a Likert scale. The data analysis technique uses the Product Moment Correlation technique. The results showed a significant correlation value of p = 0.000> 0.05, meaning that there was a negative relationship between self- control and consumptive behavior in shopee application users in adolescent girls in the lingkungan Ⅸ kelurahan paya pasir with a determinant coefficient (r2) of 0,457 or 46%.en_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188600064-
dc.subjectself controlen_US
dc.subjectadolescentsen_US
dc.subjectkontrol dirien_US
dc.subjectperilaku konsumtifen_US
dc.subjectremajaen_US
dc.titleHubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pengguna Aplikasi Shopee Pada Remaja Perempuan Di Lingkungan IX Kelurahan Paya Pasiren_US
dc.title.alternativeThe Relationship between Self-Control and Consumptive Behavior in Shopee Application Users in Young Girls in Paya Pasir Village IXen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600064 - Liza Azuhra - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.32 MBAdobe PDFView/Open
188600064 - Liza Azuhra - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV350.81 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.