Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19888
Title: Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Motivasi Belajar pada Siswa/I SMA Swasta Sinar Husni Labuhan Deli
Other Titles: The Corelation between Time Management and Learning Motivation on Students of SMA Sinar Husni Labuhan Deli
Authors: Rangkuti, Khoirunnisa Fahira
metadata.dc.contributor.advisor: Yunita
Keywords: manajemen waktu;motivasi belajar;siswa;time management;learning motivation;students
Issue Date: 12-Apr-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188600311
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan motivasi belajar siswa/i SMA Swasta Sinar Husni Labuhan Deli, dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa/i SMA Sinar Husni yang duduk di kelas X sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Total sampling. Manajemen waktu dengan motivasi belajar pada siswa/I SMA Sinar Husni Labuhan Deli dalam penelitian ini dingkap dengan menggunakan skala Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar dengan format Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kolerasi-Product Moment, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen waktu dengan motivasi belajar pada siswa/i di kelas X. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien kolerasi rxy= 0,470 ; P = 0,000 < 0,05, hal ini berarti manajemen waktu dan motivasi belajar memiliki korelasi positif yang signifikan pada siswa/i SMA Swasta Sinar Husni Labuhan Deli. Dimana, semakin baik manajemen waktu maka semakin tinggi motivasi belajar, sebaliknya semakin buruk manajemen waktu maka semakin rendah motivasi belajar. 2) Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut adalah sebesar r² = 0,221 artinya manajemen waktu memberikan sumbangan efektif terhadap motivasi belajar sebesar 22,1% sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain yang mempengaruhi dalam penelitian ini yang tidak terlihat diantaranya: kemampuan siswa, kondisi siswa, dan unsur-unsur dinamis. This research aims to see the relation between time management with learning motivation on students of SMA Sinar Husni Labuhan Deli who are the students that seat in grade X totalling 80 students. The sampling technique used the Total Sampling. Time management with learning motivation in students Sinar Husni High School Labuhan Deli in this study were revealed on a Management and Motivation scale with Likert form. The data analysis method used in this study is product moment correlation, the following results are obtained: 1) There is a significant positive relationship between time management and learning motivation in students grade X. This result is proven by the rxy correlation coefficient = 0,470; P = 0,000 <0,05, this means that time management and learning motivation has significant positive correlation on Sinar Husni Labuhan High School Students. 2) The coefficient of determination of this correlation is r² = 0.221, meaning that Time Management provides an effective contribution to Learning Motivation by 22,1%, while the rest is determined by other factors that influence this research which are not visible including factors from student ability, student condition, and dynamic elements.
Description: 61 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19888
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600311 - Khoirunnisa Fahira Rangkuti - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.59 MBAdobe PDFView/Open
188600311 - Khoirunnisa Fahira Rangkuti - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV475.46 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.