Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20281
Title: Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayur Sa Wi Hidroponik (Studi Kasus : umkm Syifa Hidroponik)
Other Titles: Analysis of Consumer Satisfaction with Vegetable Sa Wi Hydroponics (Case Study: umkm Syifa Hydroponics)
Authors: Siregar, Rizki Putri Ananda
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Zulkarnaein
Safitri, Sri Ariani
Keywords: Hydroponics;consumer characteristics;consumer satisfaction;karakteristik konsumen;kepuasan konsumen
Issue Date: 13-Apr-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188220015
Abstract: Hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah, yang dapat dilakukan dimanapun tanpa harus memiliki lahan yang luas. Salah satu keunggulan budidaya sistem hidroponik ini adalah dilakukan secara hidroponik dan menghasilkan produksi yang lebih sehat, bahkan didaerah perkotaan yang padat penduduk dapat melakukan budidaya hidroponik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik konsumen dengan kepuasan konsumen terhadap sayur sawi hidroponik di syifa hidroponik. Penelitian dilaksanakan di Syifa Hidroponik Medan, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah para konsumen sawi hijau hidroponik di Syifa Hidroponik Medan sebanyak 60 responden/konsumen. Untuk menganalisis hubungan antara karakteristik konsumen dengan kepuasan konsumen terhadap sayur sawi hidroponik maka akan menggunakan Uji Chi-Square dan Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu merupakan metode yang menggunakan indeks untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut-atribut tertentu. Hasil penelitian menunjukkan Karakteristik konsumen di syifa hidroponik medan rata-rata berjenis kelamin perempuan dikarenakan perempuan lebih sering berbelanja, umur ratarata 26-35 tahun dengan rata-rata berpendidikan SMA, dengan rata-rata pekerjaan wiraswasta, memiliki pendapatan rata-rata Rp 2.000.001 – Rp 4.000.000. Berdasarkan hasil analisis kepuasan konsumen Syifa Hidroponik Medan memiliki indeks CSI sebesar 83,91%, hal tersebut dikategorikan sanagat puas. Hubungan karakteristik konsumen dengan kepuasan konsumen terdapat hubungan antara karakteristik responden dengan variabel kesesuaian harga, dan variabel kesegaran produk. Karakteristik konsumen yang memiliki hubungan tersebut adalah pekerjaan dan pengetahuan tentang sayur hidroponik. Hydroponics is a method of farming without soil, which can be done anywhere without having to have a large area of land. One of the advantages of cultivating this hydroponic system is that it is carried out hydroponic and produces healthier production, even in densely populated urban areas you can carry out hydroponic cultivation. The purpose of this study was to determine the relationship between consumer characteristics and consumer satisfaction with hydroponic mustard greens in hydroponic syifa. The research was conducted at Syifa Hydroponics Medan, Medan Area District, Medan City. The sample in this study were consumers of hydroponic mustard greens at Syifa Hydroponics Medan as many as 60 respondents/consumers. To analyze the relationship between consumer characteristics and consumer satisfaction with hydroponic mustard greens, the Chi- Square Test and the Customer Satisfaction Index (CSI) will be used, which are methods that use an index to measure the level of customer satisfaction based on certain attributes. The results showed that the characteristics of consumers in Syifa Hydroponic Medan were on average female because women shopped more often, average age 26-35 years with an average high school education, with an average self-employed job, had an average income of Rp 2.000..001 –RP 4.000.000. Based on the results of the analysis of customer satisfaction, Syifa Hydroponics Medan has a CSI index of 83.91%, this is categorized as very satisfied. The relationship between consumer characteristics and consumer satisfaction has a relationship between the characteristics of respondents with the price suitability variable, and the product freshness variable. Consumer characteristics that have this relationship are work and knowledge about hydroponic vegetables.
Description: 125 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20281
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188220015 - Rizki Putri Ananda Siregar - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.8 MBAdobe PDFView/Open
188220015 - Rizki Putri Ananda Siregar - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV765.21 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.