Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20346
Title: Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negri (MTsN) 1 Padang Lawas
Other Titles: Relationship Between Self-Control and Peer Support with Bullying Behavior at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang Lawas
Authors: Ramora, Vini Nanda
metadata.dc.contributor.advisor: Munir, Abdul
Keywords: kontrol diri;dukungan teman sebaya;perilaku bullying;self control;peer support;bullying behavior
Issue Date: Jan-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;201804042
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dan dukungan teman sebaya dengan perilaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Negri (MTsN) 1 Padang Lawas. Jenis penelitian penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Alat ukur yang digunakan adalah skala likert untuk mengukur kontrol diri dan dukungan teman sebaya dengan perilaku bullying. Populasi dalam penelitian ini ada 65 orang dengan sample 65 orang di ambil semua populasi atau disebut total sampling. Lalu melakukan uji coba menggunakan screening terhadapa 30 orang yang berperilaku bullying. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang Lawas dengan hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku bullying yang ditunjukan oleh koefisien R = -0,514 dengan kontribusi sebesarr 26,5% (2) ada hubungan negatif signifikan antara dukungan teman sebaya dengan perilaku bullying di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang Lawas yang ditunjukan oleh R = -0,263 dengan kontribusi sebesar 6,9% (3) ada hubungan negatif signifikan antara kontrol diri dan dukungan teman sebaya dengan perilaku bullying di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang Lawas yang ditunjukan oleh koefisien F = 13,100, R = -0,545 sedangkan R2 = 0,297 dengan kontribusi sebesar 29,7% . dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. This research aims to know the relations between self control and peer support with bullying at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1’s School in Padang Lawas. This research is quantitative with data analysis methods double regression. The measuring instrument applyed the Likert Scale to measure self-control and peer support with bullying behavior. The total sample then are as many a the population 65 people. Then, the trial was conducted by screening 30 bullies. The sampling technique is total sampling. The subjects in this study were students at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 School in Padang Lawas with the results showing that: (1) there was a significant negative relationship between self-control and bullying indicated by the coefficient R = -0,514 with the contributed value as 26,5%.(2) there is has a significant negative relations between peer support and bullying behavior at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 School in Padang Lawas shown by R = -0,263 with the contributed value as 6,9%. (3) there was a significant negative relations between self-control and peer support with bullying at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 School in Padang Lawas showed by the coefficient of F = 13,100, R = 0,545, while the R2 =0,297 with contributed value as 29,7%. From the results of research, the proposed hypothesis is accepted.
Description: 81 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20346
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201804042 - Vini Nanda Ramora Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.6 MBAdobe PDFView/Open
201804042 - Vini Nanda Ramora Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV749.32 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.