Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20364
Title: Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen terhadap Atribut Buah Pisang Kepok di Pasar Tradisional Kota Medan (Studi Kasus: Pasar Tradisional Sukaramai, Kecamatan Medan Area, Kota Medan)
Other Titles: Analysis of Consumer Attitudes and Preferences on Attributes of Kepok Banana Fruit in Traditional Markets in Medan City (Case Study: Sukaramai Traditional Market, Medan Area District, Medan City)
Authors: Saragih, Febry Pebryani
metadata.dc.contributor.advisor: Saleh, Khairul
Safitri, Sri Ariani
Keywords: pisang kepok;perilaku;sikap;preferensi;konsumen;kepok bananas;behavior;attitudes;preferences;consumers
Issue Date: 8-May-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188220172
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pembelian pada buah pisang kepok, untuk menganalisis sikap konsumen terhadap berbagai atribut buah pisang kepok, serta untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap buah pisang kepok di pasar tradisional sukaramai Kota Medan. Sampel konsumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 42 konsumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, multiatribut Fishbein, dan Conjoint. hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa Perilaku pembelian konsumen buah pisang kepok di pasar tradisional Sukaramai adalah dikonsumsi sendiri, sebanyak 1 sisir disetiap pembeliannya dalam kurun waktu yang tidak tentu dalam sebulan, rata-rata pengeluaran konsumen untuk membeli buah pisang kepok Rp.70.001–Rp 90.000 dalam sebulan. Sikap konsumen terhadap atribut buah pisang kepok adalah konsumen sangat menyukai atribut harga buah yang ada pada buah pisang kepok. Buah pisang kepok yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional sukaramai adalah buah pisang kepok dengan harga < Rp.10.000, memiliki warna kulit kuning dengan bercak hitam, dengan rasa yang manis, tidak berbiji dan memiliki jumlah buah tiap sisirnya banyak yaitu >18 buah. The purpose of this study was to determine the buying behavior of kepok bananas, to analyze consumer attitudes towards various attributes of kepok bananas, and to analyze consumer preferences for kepok bananas in the Sukaramai traditional market, Medan City. The consumer sample used in this study was 42 consumers. Data analysis in this study used descriptive analysis, Fishbein multi-attribute, and Conjoint. The results of the study show that consumer buying behavior of kepok bananas in the Sukaramai traditional market is self-consumption, 1 comb per purchase for an indefinite period of time in a month, the average consumer spending to buy kepok bananas is IDR 70,001–IDR 90,000 per month. a month. The attitude of consumers towards the attributes of the kepok banana is that consumers really like the price attribute of the fruit in the kepok banana. and Kepok bananas which are the preference of consumers at the Sukaramai traditional market are kepok bananas with a price of < Rp. 10,000, have a yellow skin color with black spots, have a sweet taste, have no seeds and have a large number of fruits per comb, namely > 18 pieces.
Description: 92 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20364
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188220172 - Febry Pebryani Saragih - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, IV, VI, Bibliography1.79 MBAdobe PDFView/Open
188220172 - Febry Pebryani Saragih - Chapter V.pdf
  Restricted Access
Chapter V278.72 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.