Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20785
Title: Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81a Tahun 2013 Tentang lmplementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Lawe Bekung Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara
Other Titles: Implementation Of Regulation Of The Minister Of Education And Culture No. Bia Of 2013 On The Implementation Of Curriculum 2013 At Sd Negeri Lawe Bekung Badar District Southeast Aceh Regency
Authors: Julianto
metadata.dc.contributor.advisor: Kusmanto, Heri
Adam
Keywords: implementesi;peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no. 8la tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013;implementation;regulationof the minister of education and culture no. 8 1 a year 2013 tentang curriculum implementation 2013
Issue Date: 13-Nov-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;181801044
Abstract: Kebijakan kurikulum 2013 ditujukan dalam upaya perbaikan kurikulum sebelumnya. Beberapa program persiapan sudah dilakukan pemerintah, namun masih terdapat beberapa kendala sehingga belum semua guru memiliki kompetensi yang memadai untuk mengimplementasikan. Hal itulah yang akan di terapkan di SD Negeri Lawe Bekung Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Maka rumusan masalah adalah (1) Bagaimana Implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Lawe Bekung Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. (2) Faktor apa saja yang menjadi kendala pelaksanaan kurikulum 2013 dalam peningkatan standar pendidikan di SD Negeri Lawe Bekung Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara? Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Lawe Bekung Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Pengumpulan data di peroleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dengan hasil penelitian sebagai berikut (1) Materi yang digunakan dalam pembelajaran telah sesuai dengan KTSP, meskipun tidak semua digunakan dan ada kebijakan untuk penyempurnaan kurikulum yang cligunakan. Standar sasaran kebijakan memfokuskan kajian pada perencanaan, pelaksanaan, clan Implementasi terhadap pengembangan Implementasi kurikulum 2013. Sikap para pelaksana telah memperhatikan prinsip relevansi, prinsip efektivitas, prinsip efisiensi, kontinuitas, fleksibilitas, dan prinsip yang berorientasi pada tujuan. (2) Kendala pelaksanaan kurikulum 2013 seperti pengadaan sarana pembelajaran dan sumber belajar untuk peserta didik. Tidak adanya buku pegangan guru untuk melaksanakan pembelajaran atau mrtteri yang akan di sampaikan. Saran dari penelitian ini adalah peningkatan mutu pendidikan. Guru diharapkan mampu meningkatkan terhadap penguasaan kompetensi sebagai pembelajaran kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Curriculum policy 2013 is aimed at improving the previous curriculum. Some preparation programs have been carried out by the government, but there are still some constraints so that not all teachers have adequate competencies to implement. This is what will be applied in SD Negeri Lawe Bekung Badar Subdistrict, Southeast Aceh Regency. Maka problem formulatiOn is (1) Bagaimana curriculum implementation in 2013 in improving education standards at SD Negeri LaweBekungBadar District, Southeast Aceh Regency? (2) What factors are the constraints of the implementation of the 2013 curriculum at SD Negeri Lawe Bekung District Badar, Southeast Aceh Regency? The purpose of this research is to implementthe 2013 curriculum at SD Negeri LaweBekung, Badar Subdistrict, Southeast Aceh Regency. The research method used i:; descriptive with qualitative analysis. Data collection is obtained from interviews, documentation, and observations. With the results of the following research (1) The materials used in learning are in accordance with the KTSP, although not all are used and there are policies for curriculum improvement used. Standard policy target memfokuskan kajian pada perencanaan, pelaksanaan, dan Implementasi terhadap pengembangan curriculum implementation 2013. The attitude of the executives has been memperhatikan prinsip relevansi, the principle of effectiveness, the principle of efficiency, continuity, flexibility, and goal-oriented principles. (2) Constraints on the implementation of the 2013 curriculum such as the procurement of learning facilities and learning resources for learners. Thereis no teacher handbook to carry out the learning or materials that will be conveyed. The advice of this research is to improve the quality of education. Guru is expected to be able to improvethe ability of competence as learning pedagogical competencies, personality competencies, social competencies, and professional competencies.
Description: 91 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20785
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
181801044 - Julianto - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography5.44 MBAdobe PDFView/Open
181801044 - Julianto - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV2.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.