Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21006
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIbrahim, Husin-
dc.contributor.advisorLubis, Syafrian-
dc.contributor.authorParhusip, Rudy. Sh.-
dc.date.accessioned2023-09-06T06:55:54Z-
dc.date.available2023-09-06T06:55:54Z-
dc.date.issued2010-08-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21006-
dc.description69 Halamanen_US
dc.description.abstractTugas akhir ini membahas tentang Power losses pada motor Diesel empat tak dan kerusakan pada bagian mesin tentang analisis tenaga mesin berkurang pada motor diesel yang mana motor diesel merupakan suatu rangkaian komponen (sistem) yang sangat penting, yaitu sistem yang mengubah panas yang dihasilkan dari proses pembakaran kemudian diubah menjadi kerja melalui mekanisme dengan gerak translasi lurus bolak-balik (reciprocal) dari torak (piston) menjadi gerak putar (rotasi) pada poros engk:ol. Keausan pada komponen-komponen mesin seperti torak (piston) aus, pegas torak .. (piston~ring} .aus,~dinding-- silinder~aus..-dan-juga- ketebalan endapan- karbon- diataskepala torak sebagainya akan membuat tenaga mesin berkurang karena tekanan kompresi bocor melewati celah antara silinder dan dinding silinder dan minyak pelumas dari panci minyak pelumas bocor ke ruang bakar yang menyebabkan kerak didalam ruang bakar. Gangguan tenaga mesin berkurang dapat diatasi dengan melakuk:an pengamatan, perbaikan, dan penggantian komponen mesin yang sudah aus. Keausan komponen mesin yang melebihi batas harus diganti dengan komponen yang barn dan jika masih didalam batas diperbaiki. Simpulan yang dapat diambil dari laporan tugas akhir ini adalah mesin (engine) terdiri dari beberapa komponen seperti torak (piston), pegas torak (piston ring), mekanisme katup (valve mekanism) dan lain sebagainya. Komponen pada mesin akan mengalami keausan oleh sebab itu harus dilakuk:an perawatan dan juga ·penyetelan pada komponen-komponen mesin secara teratur. dan endapan karbon dikepala torak merupakan penyebab utama power losses pada motor diesel Saran-saran yang diberikan adalah melakukan perawatan mesin dan penyetelan komponen-kompoenen pada mesin dengan cara pemeriksan secara visual maupun pengukuran pada komponen-komponen mesin yang harus diperbaiki atau diganti. Power is about the losses on diesel motors and four-stroke engine damage on the part of the analysis of reduced engine power of diesel engine diesel which is a series of components (the system) is very important, systems that convert heat generated from the combustion process and then changed into work through a mechanism with a translational motion of the straight back and forth (reciprocal) of the piston (piston) into rotation (rotation) on the crankshaft. Wear and tear on engine components such as reciprocating (piston) worn, the spring piston (piston rings), wear the cylinder wall wear and also the thickness of carbon deposits on the piston heads etc will make the engine power is reduced because the compression pressure is leaking through the gap --~~ between-the-cylinder- and- cylinder-wallS-and-lubricating oils-from lubricating oil pan is leaking into the combustion chamber which causes the crust inside the combustion chamber. Reduced engine power disturbances can be overcome by observing, repair, and replacement of worn engine components. Wear of machine components that exceed the limit should be replaced with new components an~ if still within the limit fixed. We can conclude from this final report is the engine (engine) consists of several components such as reciprocating (piston), the spring piston (piston ring), the mechanism of the valve (valve mekanism) and others. Components will experience wear and tear on the engine and therefore must be doing maintenance and adjustment on the engine components on a regular basis. and carbon deposition dikepala piston is the main cause of diesel engine power losses advice given is to conduct machine maintenance and adjustment of component-kompoenen on a machine with a visual examination or measurement on engine components that must be repaired or replaced.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;068130027-
dc.subjectpower lossesen_US
dc.subjectruang bakar kendaraan light truck (diesel)en_US
dc.subjectcombustion chamber of light truck vehicles (diesel)en_US
dc.titleAnalisa Power Losses pada Ruang Bakar Kendaraan Light Truck (Diesel)en_US
dc.title.alternativeAnalysis of Power Losses in the Combustion Chamber of Light Truck (Diesel) Vehiclesen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068130027 - Rudy. Sh. Parhusip - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.12 MBAdobe PDFView/Open
068130027 - Rudy. Sh. Parhusip - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.