Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21249
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAfwina, Rahma Sari-
dc.contributor.authorPohan, Rahimah Azzahra-
dc.date.accessioned2023-09-25T04:26:47Z-
dc.date.available2023-09-25T04:26:47Z-
dc.date.issued2023-08-31-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21249-
dc.description122 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kemandirian belajar adalah suatu aktivitas belajar yang dilakukan oleh seseorang dalam menetapkan sumber belajar, metode atau strategi belajar dan mengevaluasi hasil belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tanpa adanya bantuan dari orang lain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dan Teknik Geomatika Spasial (TGS) berjumlah 123 siswa dengan sampel sebanyak 54 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan model skala Likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar pada siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan memiliki kontribusi yang berbeda-beda, faktor self efficacy berkontribusi 6,23%, faktor motivasi berkontribusi 6,27%, faktor tujuan berkontribusi 7,93%, faktor internal (dalam diri) berkontribusi 37,7%, faktor eksternal (luar diri) berkontribusi 4,95%, faktor lingkungan keluarga berkontribusi 18,7%, faktor peran guru berkontribusi 7,07%, dan faktor lingkungan teman sebaya berkontribusi 11,1%. Maka dapat disimpulkan faktor yang berkontribusi terbesar terhadap kemandirian belajar siswa adalah faktor internal (dalam diri) berkontribusi 37,7%, dan faktor kontribusi terkecil adalah faktor eksternal (luar diri) berkontribusi sebesar 4,95%. This study aims to see what factors influence student learning independence at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Learning independence is a learning activity carried out by someone in determining learning resources, learning methods or strategies and evaluating learning outcomes to achieve learning goals without any help from others. This research uses quantitative methods. The population in this research was 123 students in class X of Building Modeling and Information Design Engineering (DPIB) and Spatial Geomatics Engineering (TGS) with a sample of 54 students. The sampling technique in this study used the total sampling method. Data collection techniques in this study using the Likert scale model. Data analysis in this study used descriptive analysis. Based on the results of the analysis, the results obtained are that the factors that influence learning independence in students of SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan have different contributions, self-efficacy factors contribute 6.23%, motivation factors contribute 6.27%, goal factors contribute 7.93 %, internal factors (inside) contributed 37.7%, external factors (outside oneself) contributed 4.95%, family environmental factors contributed 18.7%, teacher role factors contributed 7.07%, and peer environmental factors contributed 11.1%. So it can be concluded that the factors that contribute the most to student learning independence are internal factors (within themselves) contributing 37.7%, and the smallest contributing factors are external factors (outside themselves) contributing 4.95%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198600045-
dc.subjectThe Factors Independent Learningen_US
dc.subjectIndependent Learningen_US
dc.subjectand Studentsen_US
dc.subjectFaktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajaren_US
dc.subjectKemandirian Belajar dan Siswaen_US
dc.titleStudi Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Percut Sei Tuanen_US
dc.title.alternativeStudy of Identification of Influencing Factors Learning Independence for Students at State Vocational School 1 Percut Sei Tuanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600045 - Rahimah Azzahra Pohan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV923.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198600045 - Rahimah Azzahra Pohan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.