Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21337
Title: Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru dan Murid Tunarungu dalam Meningkatkan Prestasi dan Kemampuan Berinteraksi Sosial di SLB ABC Melati Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang
Other Titles: Kinetic Nonverbal Communication Between Teachers and Deaf Students in Improving Achievement and Social Interaction Ability in SLB ABC Melati Aisyiyah, Deli Serdang Regency
Authors: Amalia, Indah Rizki
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Nina Siti Salmaniah
Keywords: komunikasi nonverbal kinesik;guru dan murid tunarungu;menigkatkan prestasi;kemampuan berinteraksi sosial;nonverbal communication kinesics;teachers deaf students;improving achievement;social interaction skills
Issue Date: Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198530127
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi nonverbal kinesik yang digunakan guru dan murid untuk meningkatkatkan prestasi keterampilan dan kemampuan berinteraksi sosial di SLB ABC Melati Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Adapun tahapan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Teori studi kinesik oleh Ray L Bridwhistell dengan tiga tahap yaitu ekspresi wajah (facial), gerakan tubuh (gestural), gerakan seluruh tubuh (postural). Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa komunikasi nonverbal kinesik antara guru dan murid tunarungu dalam meningkatkan prestasi. Guru-guru menggunakan ekspresi wajah (facial, gerakan tubuh (gestural), gerakan seluruh tubuh (postura) untuk melatih murid tunarungu dalam hal mengembangkan prestasi keterampilan seperti pantomime dan yang lainnya. kemudian kemampuan berinteraksi sosial di SLB ABC Melati Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang sudah berjalan dengan baik dan interaksi yang terjadi antara murid tunarungu dan murid normal juga baik. Berdasarkan Hasil Simpulan bahwa komunikasi Nonverbal kinesik guru, dan murid tunarungu dalam berinteraksi dengan murid normal mereka lebih menggunakan gerakan tubuh (gestural) yang berupa gerakan bibir dan isyarat tangan. Ekspresi wajah (facial) digunakan untuk menggambarkan prasaan dan emosi yang sedang dialami. Ekspresi wajah yang diberikan oleh guru juga mudah dipahami oleh murid tunarungu. dan gerakan seluruh tubuh (postural) juga mudah dipahami oleh murid tunarungu ketika sedang berinteraksi dengan murid normal. This study to determine how form kinesic nonverbal communication teachers and students to improve achievement skills and ability to interact socially in SLB ABC Melati Aisyiyah Deli Serdang Regency. This research descriptive qualitative method, determination informants snowball sampling technique. Stages data collection observation, interviews, documentation. Data analyzed kinesic study theory Ray L Bridwhistell three stages, facial expressions, body movements, whole body movements. Results study, researcher concluded form kinesic nonverbal communication between teachers and students in improving achievement and ability to interact socially in SLB ABC Melati Aisyiyah Deli Serdang Regency has been going and interaction between deaf students and normal students is also good. results conclusion form kinesic nonverbal communication teachers, and deaf students in interacting with normal students more body movements form lips movements and hand gestures. Facial expressions to describe feelings and emotions experience.
Description: 66 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21337
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530127 - Indah Rizki Amalia Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.93 MBAdobe PDFView/Open
198530127 - Indah Rizki Amalia Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV675.44 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.