Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21378
Title: Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Untuk Mendukung Program Rumah Belajar di Desa Duria, Kecamatan Lolofitu Moi, Kabupaten Nias Barat
Other Titles: Winning Strategy for the Election of Legislative Candidates Through the Medan City Work Group Party in 2024
Authors: Waruwu, Tri Seryah Ningsih
metadata.dc.contributor.advisor: Batubara, Beby Masitho
Keywords: peranan;pemerintah desa;partisipasi;role;village governement;participation
Issue Date: Aug-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198510055
Abstract: Peranan pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mendukung pelaksanaan rumah belajar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengajak masyarakat pada kegiatan rumah belajar, sadar akan pentingnya pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung pelaksanaan rumah belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif, dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Ryass Rasyid dalam Labolo (2010: 32) yaitu peran pemerintah sebagai regulator, dinamisator dan fasilitator. Hasilnya adalah bahwa sebagai dinamisator pemerintah desa berperan menggerakkan partisipasi masyarakat, mendukung kegiatan rumah belajar, melakukan sosialisasi di awal kegiatan, sampai pertemuan rutin setiap bulannya. Sebagai regulator, menghimbau masyarakat berpartisipasi, mengajak anak-anaknya ikut serta dalam kegiatan rumah belajar. Sebagai fasilitator melakukan pendampingan, pengawasan terhadap masyarakat, menciptakan kondisi yang aman, nyaman, memfasilitasi kegiatan rumah belajar. The role of village governments in boosting community participation in support of home study was an activity carried out to encourage people to join the study activites, recognizing the importance of education. The purpose of this study to describe the role of governments in increasing community participationin supporting home learning. This research was conducted by using the qualitative methods in a descriptive way, observation, interview, documentation and data triangulation.The theory used in this study was the role theory presented by Ryass Rasyid in the Labolo (2010: 32) which is the role of governments as regulators, dynamists and facilitators.The result was that as a village governement dynamizer plays a role in boozing community participation, supporting home study activities, perfoming socialization at the beginning of activities, until regular meetings every month. As regulatos, advising the public on participation, inviting their children to participate in home learning activities. As facilitators perform counseling, community supervision, creating safe conditions,comfort, home learning activities.
Description: 71 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21378
Appears in Collections:SP - Government Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198510055 - Tri Seryah Ningsih Waruwu Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.26 MBAdobe PDFView/Open
198510055 - Tri Seryah Ningsih Waruwu Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV420.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.