Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21400
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuda, Indra-
dc.contributor.advisorBatubara, Beby Masitho-
dc.contributor.authorAkbar, Muharry-
dc.date.accessioned2023-10-07T09:01:43Z-
dc.date.available2023-10-07T09:01:43Z-
dc.date.issued2023-09-20-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21400-
dc.description64 Halamanen_US
dc.description.abstractProgram Indonesia Pintar (PIP) merupakan rancangan pemerintah Indonesia dalam memperhatikan kebutuhan pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang mampu. Permasalahan penelitian adalah bagaimana implementasi dan faktor penghambat dalam program Indonesia pintar di SMA Sultan Iskandar Muda. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan teknik pengolahan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan sebanyak 4 orang. Hasil didapatkan berdasarkan teori Van Horn dan Van Meter melalui beberapa indikator implementasi dalam penelitian yaitu: Standar dan sasaran kebijakan sangat membantu siswa kurang mampu dalam pendidikan. Sumber daya manusia cukup baik tetapi sarana dan prasarana kurang memadai, dikarenakan tidak terdapatnya ruangan khusus pelaksanaan PIP. Karakteristik organisasi pelaksana, SOP sudah cocok dengan kebijakan. Kegiatan pelaksana, melaksanakan implementasi kebijakan dengan baik karena memahami SOP. Sikap para pelaksana sudah baik mendorong berhasilnya kebijakan PIP. Lingkungan kebijakan PIP mendapat dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Kesimpulan dari penelitian yakni program indonesia pintar telah berjalan dengan cukup baik dengan terpenuhi 5 dari 6 indikator, faktor penghambat program indonesia pintar yaitu pada sumber daya. Smart Indonesia Program designed to underprivileged children. Problem is how implement and inhibiting factors in smart Indonesia program. Researchers used qualitative methods using techniques observation, interviews and documentation with 4 informants. Results based on Van Horn and Van Meter theory, namely : Policy standards and targets really help underprivileged students. Resources are good but infrastructure are inadequate. Implementing organization characteristics, in accordance SOP. Implementing activities has fullfilled SOP. Encourage is success. Environment has support of schools and parents. Conclusion from the research is smart Indonesia program going well with 5 of 6 indicators fulfilled, inhibiting factor is the resource.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198520062-
dc.subjectPolicy implementationen_US
dc.subjectEducationen_US
dc.subjectSmart Indonesia Programen_US
dc.subjectImplementasi kebijakanen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectProgram Indonesia Pintaren_US
dc.titleImplementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (Pip) Pada Sma Sultan Iskandar Muda Kota Medanen_US
dc.title.alternativeImplementation of Indonesian Program Policy Smart (Pip) At Sultan Iskandar High School Medan City Youthen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198520062 - Muharry Akbar - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV443.09 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198520062 - Muharry Akbar - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.