Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21456
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBudiman, Zuhdi-
dc.contributor.authorNadila, Annisa-
dc.date.accessioned2023-10-11T04:27:32Z-
dc.date.available2023-10-11T04:27:32Z-
dc.date.issued2023-09-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21456-
dc.description58 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi deep breathing terhadap penurunan stress pada siswa dalam menghadapi ujian semester di MAS Miftahussalam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain the one-group pretes- posttes.Adapun hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian tehknik relaksasi deep breathing terhadap penurunan stress pada siswa dalam menghadapi ujian akhir semester. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, dimana sampel yang digunakan memiliki kriteria yaitu memiliki tingkat stress yang sama (homogen). Metode pengambilan data dengan menggunakan skala likert. Skala yang digunakanpada screening test yaitu skala depression anxiety stress scale (DASS). Kemudian untuk pre-test post-test digunakan skala student-life stress inventory. Perhitungan nilai rara-rata hipotek dan empirik pre-tes 129,000 dan 123,250, maka tergolong sedang dan nilai rata-rata hipotek dan empirik post tes 129,000 dan 110,600, maka tergolong sedang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis T-tes for related, berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh koefisien perbedaan dengan koefisien T= -26,989 dengan p = 0,00 < 0,050. Berdasarkan hasil ini berarti hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada pengaruh pemberian relaksasi deep breathing terhadap penurunan stres diterima.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi deep breathing terhadap penurunan stress pada siswa dalam menghadapi ujian semester di MAS Miftahussalam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain the one-group pretes- posttes. Adapun hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian tehknik relaksasi deep breathing terhadap penurunan stress pada siswa dalam menghadapi ujian akhir semester. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, dimana sampel yang digunakan memiliki kriteria yaitu memiliki tingkat stress yang sama (homogen). Metode pengambilan data dengan menggunakan skala likert. Skala yang digunakanpada screening test yaitu skala depression anxiety stress scale (DASS). Kemudian untuk pre-test post-test digunakan skala student-life stress inventory. Perhitungan nilai rara-rata hipotek dan empirik pre-tes 129,000 dan 123,250, maka tergolong sedang dan nilai rata-rata hipotek dan empirik post tes 129,000 dan 110,600,maka tergolong sedang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis T-tes for related, berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh koefisien perbedaan dengan koefisien T= -26,989 dengan p = 0,00 < 0,050. Berdasarkan hasil ini berarti hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada pengaruh pemberian relaksasi deep breathing terhadap pPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi deep breathing terhadap penurunan stress pada siswa dalam menghadapi ujian semester di MAS Miftahussalam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain the one-group pretes- posttes.Adapun hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian tehknik relaksasi deep breathing terhadap penurunan stress pada siswa dalam menghadapi ujian akhir semester. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, dimana sampel yang digunakan memiliki kriteria yaitu memiliki tingkat stress yang sama (homogen). Metode pengambilan data dengan menggunakan skala likert. Skala yang digunakanpada screening test yaitu skala depression anxiety stress scale (DASS). Kemudian untuk pre-test post-test digunakan skala student-life stress inventory. Perhitungan nilai rara-rata hipotek dan empirik pre-tes 129,000 dan 123,250, maka tergolong sedang dan nilai rata-rata hipotek dan empirik post tes 129,000 dan 110,600, maka tergolong sedang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis T-tes for related, berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh koefisien perbedaan dengan koefisien T= -26,989 dengan p = 0,00 < 0,050. Berdasarkan hasil ini berarti hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada pengaruh pemberian relaksasi deep breathing terhadap penurunan stres diterimaenurunan stres diterima. This research purpose to find out the effect of administering deep breathing relaxation techniques on stress reduction in students facing semester exams at Miftahussalam MAS. The population in the study was 60 students and the sample used was 20 students. The method used in this study was an experimental method with the one-group pretes- posttes design. The hypothesis proposed in this study is that there is an effect of administering deep breathing relaxation techniques on stress reduction in students in the face of end-of-term exams. A sampling technique is used purposive sampling, where the samples used have a criterion of having the same stress level (homogeneous). A method of retrieving data using a likert scale. The scale used in screening tests is the depression anxiety stress scale (DASS). Then for pre-test and post-test, student-life stress inventory scale is used. Calculation of the average mortgage and empirical pre-test value of 129,000 and 123,250 is moderate and the average post-test value of 129,000 and 110,600 is moderate. The data analysis method used is for related T-test analysis, based on the results of the data analysis performed, the difference coefficient with coefficient T= -26.989 with p = 0.00 × 0.050. Based on this result, the proposed hypothesis states that the effect of deep breathing relaxation on stress reduction is accepted.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198600243-
dc.subjectrelaksasi deep breathingen_US
dc.subjectpenurunan stressen_US
dc.subjectstres akademiken_US
dc.subjectdeep breathing relaxationen_US
dc.subjectstress reductionen_US
dc.subjectacademic stressen_US
dc.titlePengaruh Pemberian Teknik Relaksasi Deep Breathing Terhadap Penurunan Stress pada Siswa dalam Menghadapi Ujian Semester di MAS Miftahussalamen_US
dc.title.alternativeThe Effect of Providing Deep Breathing Relaxation Techniques on Reducing Stress in Students Facing Semester Exams at MAS Miftahussalamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600243 - Annisa Nadila Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.64 MBAdobe PDFView/Open
198600243 - Annisa Nadila Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV543.67 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.