Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21476
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Yurial Arief-
dc.contributor.authorSihotang, Fransiska Devada-
dc.date.accessioned2023-10-12T04:29:17Z-
dc.date.available2023-10-12T04:29:17Z-
dc.date.issued2023-09-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21476-
dc.description67 Halamanen_US
dc.description.abstractPermasalahan masyarakat masih banyak yang belum mengenal dan kurang paham dalam menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional dalam Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan, dan apa saja faktor penghambat aplikasi mobile JKN dalam meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan dengan menggunakan teori Sutrisno metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Efektivitas Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional dalam Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Tandun Nusa Lima Medika belum efektif dilihat dari indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Adapun hambatan yang terjadi dalam Efektivitas Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional dalam meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Tandun, yaitu kurangnya pengetahuan menyebabkan ketidakpahaman, dan belum maksimalnya pemahaman masyarakat terhadap Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional(JKN), dan kurang memadainya jaringan/sinyal, sehingga menghambat dalam menggunakan aplikasi mobile JKN. This research determines the effectiveness of the National Health Insurance Mobile Application in Improving BPJS Health Services and the inhibiting factors for the JKN mobile application in improving BPJS Health services. This research method is descriptive qualitative and data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate the right target, timely, goal achievement, and real change. The obstacles that occur are the lack of knowledge causing misunderstanding and not maximal understanding of the community about the National Health Insurance Mobile Application, and the lack of adequate signals that hinder the use of the application.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198520107-
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectaplikasi mobileen_US
dc.subjectkesehatanen_US
dc.subjecteffectivenessen_US
dc.subjectmobile applicationen_US
dc.subjecthealthen_US
dc.titleEfektivitas Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Tandun Nusa Lima Medikaen_US
dc.title.alternativeEffectiveness of the National Health Insurance (JKN) Mobile Application in Improving BPJS Health Services at Tandun Nusa Lima Medika Hospitalen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198520107 - Fransiska Devada Sihotang Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.25 MBAdobe PDFView/Open
198520107 - Fransiska Devada Sihotang Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV385.39 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.