Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNafeesa-
dc.contributor.authorSiregar, Innah Maulina-
dc.date.accessioned2023-10-13T08:02:27Z-
dc.date.available2023-10-13T08:02:27Z-
dc.date.issued2023-09-01-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21505-
dc.description102 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMA NEGERI 1 Batang Kuis. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa & siswi sma negeri 1 batang kuis yang berjumlah 312 dengan menggunakan teknik kouta sempling. Sempel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa yang menjadi sampel dengan menggunakan 25% dari populasi. Berdasarkan hasil analisis yang di lakukan dengan mengunakan teknik regresi sederhana, diketahui terdapat pengaruh positif antara pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar dilihat dari persamaan regresi linier sederhana Y = 14,238+0,541 X yang artinya ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa. Begitu juga dengan nilai kofisien determinan (R²) yang memiliki nilai 0,293 hal ini setera dengan 29,3% artinya bahwa pergulan teman sebaya berkontribusi sekitar 29,3% terhadap motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini hasil dari pergaulan teman sebaya dinyatakan positif dilihat dari hasil nilai rata- rata empirik yang di peroleh sebesar 54,26 lebih besar dari nilai hipotetik 65, selanjutnya motivasi belajar siswa dinyatakan rendah dilihat dari nilai empirik yang di peroleh sebesar 58,92 lebih kecil dari nilai hipotetik sebesar 70. This study aims to determine the effect of peer association on student learning motivation at SMA NEGERI 1 Batang Kuis. This research uses a quantitative approach. The population in this study were students of public high school 1 batang kuis which amounted to 312 using purposive sampling technique. The sample used in this study was 78 students who were sampled using 25% of the population. Based on the results of the analysis conducted using simple regression techniques, it is known that there is a positive influence between peer association on learning motivation seen from the simple linear regression equation Y = 14.238 + 0.541 X which means that there is an influence of peer association on student learning motivation. Likewise, the coefficient of determination (R²) which has a value of 0.293 is equivalent to 29.3%, meaning that peer association contributes about 29.3% to student learning motivation. In this study, the results of peer association are stated to be positive as seen from the results of the empirical mean value obtained of 54.26 greater than the hypothetical value of 65, then student learning motivation is stated to be low as seen from the empirical value obtained of 58.92 less than the hypothetical value of 70.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198600391-
dc.subjectPeer Associationen_US
dc.subjectStudent Learning Motivationen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.subjectPergaulan Teman Sebayaen_US
dc.titlePengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Batang Kuisen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Peer Associations on Students' Learning Motivation at SMA Negeri 1 Batang Quizen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600391 - Innah Maulina Siregar - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV302.01 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198600391 - Innah Maulina Siregar - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.