Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21609
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIstiana-
dc.contributor.authorIbrahim, Dhea Ramadani-
dc.date.accessioned2023-10-23T03:44:08Z-
dc.date.available2023-10-23T03:44:08Z-
dc.date.issued2023-07-31-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21609-
dc.description90 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara minat dengan kesulitan belajar pada siswan SMP Negri 1 Sibolangit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dikumpulkan menggunakan metode penyebaran kuesioner atau skala psikologis data yang digunakan menggunakan skala minat dan skala kesulitan belajar. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa/siswi SMP Negri 1 Sibolangit dengan jumlah sampel 55 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel peluang (probability sampling) dengan jenis sampel acak (simple random sampling). Dengan skala penelitian menggunakan metode skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode korelasi. Hasil dari analisis uji asumsi linieritas, diperoleh nilai signifikan 795, dengan signifikan 0,000 < 0,05. Nilai pada rentang 0,315 – 0,457. Artinya variabel X memiliki hubungan linier dengan variabel Y. ini menunjukan bahwa minat dengan kesulitan belajar sebesar 79,5% yang berkontribusi secara signifikan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang erat antara minat dengan kesulitan belajar pada siswa/siswi SMP Negri 1 Sibolangit. Adapun hubungan antara minat dengan kesulitan belajar memiliki korelasi yang cukup berarti. Artinya Semakin tinggi minat maka kesulitan belajar semakin rendah. Begitu pula sebaliknya jika minat siswa rendah, maka kesulitan belajar tinggi. Hal ini berpengaruh pada tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. This study aims to find out how big the relationship between interest and learning difficulties in students of SMP Negri 1 Sibolangit. The method used in this study is a quantitative method. Data collection methods were collected using questionnaire dissemination methods or psychological scale data used using interest scales and learning difficulty scales. The sample in this study was students of SMP Negri 1 Sibolangit with a total sample of 55 respondents. The sampling technique uses probability sampling technique with a simple random sampling type. With a research scale using the Likert scale method. The data analysis technique used is the correlation method. The results of the analysis of the linearity assumption test, obtained a significant value of 795, with a significant 0.000 < 0.05. Values in the range of 0.315 – 0.457. This means that the variable X has a linear relationship with the variable Y. This shows that interest in learning difficulties is 79.5% which contributes significantly. Based on this research, it can be concluded that there is a close relationship between interest and learning difficulties in students of SMP Negri 1 Sibolangit. The relationship between interest and learning difficulties has a significant correlation. This means that the higher the interest, the lower the learning difficulty. Vice versa if the student's interest is low, then the learning difficulty is high. This has an effect on the success rate of students in learning.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188600060-
dc.subjectkesulitan belajaren_US
dc.subjectminaten_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.subjectlearning difficultiesen_US
dc.subjectinterestsen_US
dc.subjectstudentsen_US
dc.titleHubungan antara Minat dengan Kesulitan Belajar pada Siswa SMP Negri 1 Sibolangiten_US
dc.title.alternativeThe Relationship between Interest and Learning Difficulties in Students at SMP Negeri 1 Sibolangiten_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600060 - Dhea Ramadani Ibrahim - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.3 MBAdobe PDFView/Open
188600060 - Dhea Ramadani Ibrahim - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV715.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.