Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21730
Title: Penyesalan Pasca Pembelian Secara Daring Ditinjau dari Kepribadian
Other Titles: online post purchase regret in review of personality
Authors: Adzradalila, Tsabitah
metadata.dc.contributor.advisor: Budiman, Zuhdi
Keywords: penyesalan pasca pembelian;kepribadian introvert;kepribadian ekstrovert;post purchase regret;introverted personality;extroverted personality
Issue Date: 6-Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198600271
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Penyesalan Pasca Pembelian Secara Daring Ditinjau dari Kepribadian”. Penyesalan pasca pembelian (Post Purchase Regret) adalah perasaan kecewa, tidak menyenangkan dan yang ingin dihindari oleh individu akibat dari keputusan yang mereka ambil melalui proses yang tidak sesuai dengan yang diharapkan setelah membeli suatu produk serta menyalahkan diri sendiri atas ketidaksesuaiannya tersebut. (Lee & Cotte, 2009) penyesalan pasca pembelian terdiri dari dua komponen yaitu: outcome regret dan process regret. Kepribadian adalah cara menentukan bagaimana seseorang menentukan kebutuhan yang akan dipenuhinya, bagaimana mereka mencari informasi, bagaimana mengkonsumsi, dan bagaimana mereka menentukan sikap atas puas atau tidak puas. Kepribadian terdiri menjadi dua jenis yaitu: kepribadian introvert dan kepribadian ekstrovert. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan penyesalan antara kepribadian introvert dengan kepribadian ekstrovert pada mahasiswa Universitas Negeri Medan. Subjek penelitian yang diambil sebanyak 104 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala Penyesalan pembelian online dengan menggunakan skala likert dan skala Kepribadian introvert dan ekstrovert dengan menggunakan skala ghuttman. Pengolahan data penelitian ini dengan menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai atau koefisien perbedaan dengan koefisien sebesar 207.000 dengan p < 0,000. Sehingga dapat diartikan bahwa pada penelitian ini terdapat perbedaan Penyelesalan pembelian ditinjau dari tipe kepribadian, dinyatakan diterima. This study aims to determine "Online Post-Purchase Regret in View of Personality". Post-purchase regret is a feeling of disappointment, unpleasantness and what individuals want to avoid as a result of the decisions they make through a process that does not match what is expected after buying a product and blaming themselves for the mismatch. (Lee & Cotte, 2009) Post-purchase regret consists of two components, namely: outcome regret and process regret. Personality is a way of determining how a person determines the needs they will fulfill, how they seek information, how they consume, and how they determine their attitude of satisfaction or dissatisfaction. Personality consists of two types, namely: introverted personality and extroverted personality. The hypothesis proposed in this study is that there are differences in regret between introverted personality and extroverted personality in Medan State University students. The research subjects taken were 104 people. The sampling technique is total sampling. The measuring instrument used is the online purchase regret scale using a Likert scale and an introverted and extroverted personality scale using the Ghuttman scale. Processing of this research data using the Mann Whitney U test. The results showed that the value or coefficient of difference with a coefficient of 207.000 with p <0.000. So it can be interpreted that in this study there are differences in purchase completion in terms of personality type, declared accepted.
Description: 72 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21730
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600271 - Tsabitah Adzradalila - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.03 MBAdobe PDFView/Open
198600271 - Tsabitah Adzradalila - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV381.22 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.