Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21747
Title: Strategi Komunikasi Pemerintah Kelurahan Sicanang Dalam Menurunkan Angka Stunting
Other Titles: Sicanang Subdistrict Government Communication Strategy in Reducing Stunting Rates
Authors: Sianturi, Setia Peronika
metadata.dc.contributor.advisor: Barus, Rehia K. Isabela
Yudha, Angga Tinova
Keywords: Communication Strategy;Stunting Reduction;Sicanang Village;Strategi Komunikasi;Penurunan Stunting;Kelurahan Sicanang
Issue Date: 27-Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198530214
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi serta faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi yang dilakukan pemerintah kelurahan Sicanang dalam menurunkan angka stunting. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis melalui teori strategi komunikasi untuk mendeskripsikan strategi pemerintah kelurahan Sicanang dalam menurunkan angka stunting. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah pemerintah kelurahan melakukan komunikasi dengan mengenal khalayak berdasarkan kategorisasi keluarga berisiko stunting, teknik penyusunan pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat yang bersifat avability, metode penyampaian adalah informatif dan edukatif, media komunikasi secara langsung. Faktor penghambat strategi komunikasi pemerintah kelurahan Sicanang adalah pola hidup yang dimiliki masyarakat, faktor keuangan, serta kurangnya simpati masyarakat terhadap stunting pada anak. Dan faktor pendukung adalah pemberian makanan tambahan, sumber daya manusia, ketersediaan layanan kesehatan, metode penyampaian pesan secara terus menerus, partisipasi dari berbagai golongan. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The results of the study were analyzed using strategy communications theory.. Audience identification based on categorization of families at risk of stunting, composing messages to be conveyed to the public, delivery methods are informative and educative, direct communication media. Factors inhibiting are the lifestyle of the community, financial factors, and lack of public sympathy for stunting in children. And supporting factors are supplementary feeding, human resources, availability of health services, methods of continuous message delivery, participation from various groups
Description: 89 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21747
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530214 - Setia Peronika Sianturi - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.81 MBAdobe PDFView/Open
198530214 - Setia Peronika Sianturi - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV951.71 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.