Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21852
Title: Pengaruh Media Sosial Instagram dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Store Willcays Medan
Other Titles: The Influence of Instagram Social Media and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying at the Willcays Medan Store
Authors: Trisya, Adila
metadata.dc.contributor.advisor: Pribadi, Teddi
Tarigan, Eka Dewi Setia
Keywords: media sosial instagram;hedonic shoppping motivaion;impulse buying;instagram social media;hedonic shopping motivation;impulse buying
Issue Date: 11-Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198320096
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ”Pengaruh Media Sosial Instagram dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Store Willcays Medan”. Media Sosial Instagram diartikan sebagai media yang menggungulkan konten visual berupa gambar dan video. Hedonic shopping motivation adalah motivasi seseorang dalam melakukan pembelian yang dilakukan secara sadar atuau tidak sadar untuk memenuhi kebutuhan karena adanya keinginan untuk mendapatkan kesenangan tersendiri. Impulse buying merupakan perilaku konsumen yang secara spontan tanpa berpikir terlebih dahulu untuk membeli suatu produk. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen yang datang langsung ke store Willcays di tahun 2023 selama bulan Januari – Juni dengan jumlah 238 konsumen dan total sampel yang digunakan sebanya 70 responden dengan teknik sampling yang digunakan teknik accidental sampling (sampling insidental). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner secara langsung kepada konsumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu uju validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS ver 21. Berdasarkan hasil uji t didapati bahwa masing-masing variabel independen Media Sosial Instagram (X1) dan Hedonic Shopping Motivation (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying (Y). Pada uji koefisien determinasi (r2) terlihat bahwa nilai Adjusted R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0,471 (47,1%) dan sisanya 52,9% yang akan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan pasa penelitian ini. This study aims to determine "The Influence of Instagram Social Media and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying at Willcays Medan Stores". Social Media Instagram is defined as media that prioritizes visual content in the form of images and videos. Hedonic shopping motivation is a person's motivation in making purchases that are made consciously or unconsciously to meet needs because of the desire to get pleasure. Impulse buying is consumer behavior that spontaneously without thinking beforehand to buy a product. This research is an associative research with a quantitative approach. The population in this study are all consumers who come directly to the Willcays store in 2023 during January – June a total of 238 consumers and a total sample of 70 respondents using the accidental sampling technique (incidental sampling). Data collection is done by distributing questionnaires directly to consumers. The analytical methods used in this study were validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression test and hypothesis testing using SPSS ver 21 software. Based on the t test results it was found that each independent variable Instagram Social Media (X1) and Hedonic Shopping Motivation (X2) has a positive and significant effect on Impulse Buying (Y). In the test of the coefficient of determination (r2) it can be seen that the Adjusted R Square value obtained is 0.471 (47.1%) and the remaining 52.9% will be influenced by other factors which cannot be explained in this study.
Description: 84 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21852
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320096 - Adila Trisya - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.51 MBAdobe PDFView/Open
198320096 - Adila Trisya - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV553.13 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.